INTRO
Sebelum mencoba pakai hero ini, sebaiknya lihat dulu jarimu, apa kamu punya jari yang cukup panjang dan gesit? Yap, hero ini menuntut pemakainya menggunakan sebagian besar tombol keyboard, bahkan keenam slot item mu pun harusnya akan dipenuhi item yang bisa digunakan (aktif). Selain 'fast finger', kamu juga harus punya sense yang baik, jangan sampai kecepatan jarimu malah merusak pestanya.
Jadi, bersiaplah menggunakan hampir seluruh jarimu.. ^^. Icefrog mempersembahkan untuk anda semua, Hero nukers paling berbahaya di LATE GAME.
Spoiler Statistik Hero
Kapan memakai tinker?
Jangan Pick Kalau..
1. Kalau lawanmu ada Nortrom dan Pugna (anti spammer/combo spell)
2. Tim kalian kekurangan initiator war/gank.
3. Kamu tidak suka mainin hero yang skillnya aktif semua.
4. Jari tangan kirimu sedang terluka, keselo, keram, dll :D
Pick kalau..
1. Kalau lawanmu banyak yang pakai hero-hero carry.
2. Kalian butuh permadisable/permasilent.
3. Jarimu cukup gesit, Fast Hand!
4. Butuh pusher/defender global
5. Kamu pengen Holyshit! ^^
Peran
Semicarry!
Nuker, pusher.
Keunggulan dan Kelemahan
Keunggulan1. Termasuk Nukers mengerikan. Sampai Late sekalipun.
2. Punya Rearm yang merefresh seluruh cooldown spell.
3. Hero dengan mobilitas tertinggi kedua. (Setelah keempat Meepo dengan BoT.)
4. Laser-nya membuat 100% miss yang berarti mengurangi DPS hampir semua hero carry kecuali yang membawa MKB.
Kelemahan
1. INT-nya termasuk parah untuk hero INT, padahal dia spammers. (hanya 2.2/level!)
2. HP-nya termasuk sangat buruk.
3. AGI-nya sangat lelet.
4. Last Word dan Nether Ward (Dijelaskan di Worst Enemies.)
SKILL
Laser
Fires an intense beam of light at a target, dealing damage. Deals precise damage.
Level 1 - 80 damage, 100% chance to miss on the primary target for 3 seconds.
Level 2 - 160 damage, 100% chance to miss on the primary target for 3 seconds.
Level 3 - 240 damage, 100% chance to miss on the primary target for 3 seconds.
Level 4 - 320 damage, 100% chance to miss on the primary target for 3 seconds.
Mana Cost: 95/120/145/170
Cooldown: 14 seconds
Salah satu skill Nuke yang paling mematikan di early-mid game. Damage nya ‘pure’ ( murni ) atau ga dikurangi apapun. Ada efek ‘miss’ nya di area sejauh 250 AoE di sekeliling target, dan di mencapai 100% miss untuk target yang kamu klik. Damage nya langsung mengenai target ‘tepat’ saat kamu nge-klik target, dan efek ‘miss’ nya baru akan terkena kalau animasi ‘laser’ nya sudah mengenai target.
Skill ini di block oleh spell immunity, dan kamu juga tidak bisa menggunakan skill ini ke hero yang terkena ‘decrepify’ atau menggunakan ‘ghost scepter’. Miss nya sangat mebantu menyelamatkanmu dari seranagn ‘permabash’.
Heat Seeking Missile
The Tinker fires a rocket at the nearest visible enemy hero. Range of 2500.
Level 1 - 100 damage. 2 targets.
Level 2 - 175 damage. 2 targets.
Level 3 - 250 damage, 2 targets.
Level 4 - 325 damage, 2 targets.
Mana Cost: 120/140/160/180
Cooldown: 25 seconds
Skill nukers yang berbahaya juga, area nya mencapai 2500 range, sangat baik untuk menyerang hero yang udah kabur jauh dan sangat-sangat jauh dari area rangenya. Yang perlu kamu ingat adalah, skill ini nyerang secara acak, tapi mencari target yang paling DEKAT dengan posisimu, jadi dekati yang musuh menjadi targetmu.
Termasuk spell, tapi ga’ bisa nyerang target yang terkena decrepify nya ‘pugna’ atau menggunakan ‘ghost scepter’. Damage nya dikurangi spell resistance lawan, dan di block oleh spell immunity. Sangat efisien digunakan kalau ada 2 hero lawan, kecuali untuk nge-last hit satu hero.
March Of The Machine
Calls in hordes of robotic goblins to destroy your enemies. Range : 300
Level 1 - 16 damage/goblin.
Level 2 - 24 damage/goblin.
Level 3 - 32 damage/goblin.
Level 4 - 40 damage/goblin.
Mana Cost: 145/150/165/190
Cooldown: 35 seconds
Area Of Effect ( AoE) : 900* / 50** / 150***
Durasi : 6 detik
Ini skill creeping dan pushing mu, dgn skill ini kamu menguasai 1800 area di map dengan dipenuhi ‘goblin’mu. sangat baik di team battle atau ngusir lawan yang mau defense/push tower.
Damage dikurangi spell resistance lawan, tapi bisa nyerang spell immunity, dan ‘mechanical unit’ seperti meat wagon.
Keteranga AoE : (*) area range skill ini (**) area goblin menabrak musuh (***) area ledakan goblin.
Cara menggunakan skill ini dengan benar dijelaskan di strategy.
Rearm
Instantly reloads the Tinker`s weapons.
Level 1 - 3 seconds to rearm.
Level 2 - 2 seconds to rearm.
Level 3 - 1 second to rearm.
Mana Cost: 150/250/350
Cooldown: 0
Ciri khas dari tinker, dan yang membuat hero ini berbahaya sampai late game. Free refresher orb ++, yaitu menghentikan ‘cooldown’ seluruh skill termasuk dari item2, KECUALI : HotD,Arcane, refresher, midas, necronomicon, dan ditambah 1 item lagi, yaitu BKB.
Dulu rearm tetap nge-refresh cooldown BkB, tapi sekarang udah ga’ lagi. Malah kalau kamu rearm saat BKB sedang cooldown, kamu hanya mengulang ‘cooldown’ nya yang artinya membuat ‘cooldown’ nya semakin lama.
Mengehntikan /digagalkan skill ini tetap membuatmu kehilangan mana. Dan ini termasuk channeling spell, selama durasinya, jangan melakukan apapun dulu, apalagi berjalan.
SKILL BUILD
1. Laser
2. Heat Seeking Missile
3. Laser
4. Heat Seeking Missile
5. Laser
6. Heat Seeking Missile
7. Laser
8. Heat Seeking Missile
9. Rearm (1) / March
10 March
11. Rearm (1)/ March
12. March
13. March
14. Stats
15. Rearm (2)
16. Rearm (3)
17 – 25 Stats
1. Laser
2. Heat Seeking Missile
3. Laser
4. Heat Seeking Missile
5. Laser
6. Heat Seeking Missile
7. Laser
8. Heat Seeking Missile
9. Rearm (1) / March
10 March
11. Rearm (1)/ March
12. March
13. March
14. Stats
15. Rearm (2)
16. Rearm (3)
17 – 25 Stats
Untuk kedua skill nuke mu udah ga usah dijelasin lagi, kedua skill itu efek terbesarnya di early game, dan sangat baik unuk nge-kill. Laser diambil bukan hanya karena pure damagenya, tapi juga karena HP musuh masih tipis2.
Untuk Rearm dan March sebenarnya tidak harus diambil di level 9 atau 11, tapi tergantung kapan ‘travel’ mu jadi baru ambil rearm, kalau level 9 ( atau sebelumnya ) sudah jadi, langsung ambil rearm, tapi kalau belum jadi ambil march saja dulu.
Untuk rearm level 2, ambil kalau sudah dapat ‘mystic staff’ pertama. Karena selain mana cost dari rearm level 2 ( 250 ) kamu juga butuh banyak mana untuk menggunakan skill2 yang kamu refresh kan..?,aku ga membicarakan soal Mana cost skill2 mu, tapi KAPASITAS mana mu, kalau masalah mana cost kan mending tele ke fountain aj. jadi mending ambil kapanpun kamu udah beli mystic staff mu yang pertama, jadi ga’ harus ikutin yang di atas.
Item Build dan Gameplay
ITEM AWAL
Untuk b-net langsung beli bottle saja. Tapi untuk battle yang lebih serius ( turney,dll ) kusarankan beli 2 mantle of inteligence atau circlet dan sisanya clarity potion.
ITEM CORE
SOUL RING
Mana awal untukmu, sebagai modal awal mendapat gold untuk core berikutnya..
BOOTS OF TRAVEL
Cukup 2 item ini aj udah membuat tim lawan kocar-kacir. Kamu akan nge-push di lane yang berbeda stiap 8 detik, jadi akan sulit menemukanmu, dan yang terpenting adalah kamu bisa berada di mana saja, termasuk selalu berada di area war, membantu teman yang di bokong, ataupun defense tower. Kapanpun kamu megang ini, kamu harusnya ‘sibuk’ dan punya tangung jawab untuk nge-push/defense. Lane sepenuhnya milikmu.
Lane
Tinker adalah salah satu nuker kebanggan DotA, hero yang amat berbahaya di early game dan termasuk hero solo early paling ditakuti. Karena itu meski tinker cocok di semua lane, dan bukan berararti harus fokus naikin level, tp tinker yang aku bicarakan disini adalah tinker ‘ganker’. Jadi, abis beli bottle, maju ke lane mid dan usahakan dapat PU.
March mungkin sangat berguna di early game untuk creeping. Tapi mungkin itu untuk tinker yang ‘bukan’ ganker. Jadi kalau tidak mau nge-bokong dan mau fokus ke ‘boots of travel’, ambil march aja di early game dan selalu gunakan untuk membantumu creeping, level 1 march ga akan membantu, jadi naikin samapi level 3 yang bisa membuat segelombang creep mati dalam beberapa detik.
Jadi kalau mau nge-bokong, skill yang kamu butuhkan adalah skill yang paling ‘SAKIT’ nya itu di early game, yaitu laser, skill nuke dengan pure damage ( damage murni = ga’ dikurangi sedikitpun ) dan missile. Semakin cepat kamu naikin level kedua skill itu, semakin berbahaya tinker mu, aku sendiri paling takut ama tinker level 5 (pd level yg sama di early game) dari pada void yang udah ‘jadi’ di level 20 ( level yang sama juga,di late game ^^), jadi tinker emang sangat mudah membunuh di early game.
Kamu ga’ harus jalan dari lane ke lane untuk nge-bokong, bokong musuh solo nya aj sendiri, atau dibantu temanmu yang mau mobile. Selain nge-bokong, kamu tetap harus fokus nge-last hit creep, BoT adalah tujuan pertamamu, harganya ga’ termasuk murah, jadi manfaatkan early game mu untuk creeping juga. Atau sering2 nge-kill aj, dan jangan sering2 mati.
Berikut adalah total damage dari combo skill nuke yang kamu dapatkan tiap level skill nya ( damage missile telah dikurangi ‘base’ spell resistance) :
Level 1 laser dan ‘belum’ ngambil missile = 80 damage
Level 1 laser + level 1 missile = 155 damage
Level 2 laser + level 1 missile = 235 damage
Level 2 laser + level 2 missile = 291 damage
Level 3 laser + level 2 missile = 371 damage
Level 3 laser + level 3 missile = 427 damage
Level 4 laser + level 3 missile = 507 damage
Level 4 laser + level 4 missile = 563 damage
Wow, di level 8, kamu udah bisa mengurangi lebih dari setengah++ HP sebagian besar hero2 di level yang sama.
Kalau BoT sudah jadi, langsung ambil rearm. Dan bersiaplah menjelajahi map, ga ada lagi jarak dan waktu yang memisahkan, swt ^^.
GUINSOO
Item Mid buat Tinker, dengan disable ini kamu juga tidak akan mengalami kesulitan ngejar musuh yang bisa maraton atau Blink.
MID STRATEGY
Mid game sangat menyenangkan untuk tinker. Tentu kalau kamu sudah punya travel dan ‘rearm’.Sebenarnya yang paling membantumu melakuakan semuanya adalah super ‘mana’ regen dari fountain, setiap kali selesai nge-push di lane, kembali ke fountain dulu untuk ngisi mana dan bottle, lalu rearm lagi dan tele ke lane lagi. Dengan BoT-rearm-fountain, kurang dari 8 detik kamu sudah berada di lane berikutnya, artinya sangat memungkinkan buatmu untuk membersihkan ‘setiap’ gelombang creep yang muncul di setiap lane.
Karena bisa tele kemanapun dan kapanpun, tentu menyelamatkan teman yang dibokong adalah tanggung jawabmu, selalu tele ke tempat temanmu yang dibokong, 564 damage combo spell mu sangat memungkinkan untuk meng-counter bokongan lawan. Jangan biarkan temanmu dibunuh.
DI mid game juga waktunya nge-push dan creeping sebaik mungkin, karena itu ‘march’ sangat membantu. Di level 3 skill ini, udah cukup untuk membunuh seluruh creep yang ada di areanya kalau menggunakannya dengan benar, jadi mending setelah mengeluarkan skill ini di lane, tanpa membuang2 waktu lagi, langsung tele kembali ke fountain.
Jangan nge-klik musuhnya untuk mengeluarkan march, tapi klik di tanah. Yang perlu kamu ketahui juga adalah damage march itu relatif, ga’ konsisten / ga’ tetap. intinya bukan murni AoE skill, karena tiap ‘goblin’ menghasilkan efek damage masing2, atau damagenya terpisah, jadi kalau tidak terkena goblin & ledakanx, ya ga terkena damage donk, jadi yang perlu kamu perhatikan (untuk creep yang sedang bertarung = ga berjalan ) adalah..
- Arah ‘march’.
Untuk menggunakan ‘march’, perhatikan arah march mu, dan posisi dimana kamu nge-klik ( tanah )dan posisimu. Posisi yang terbaik adalah posisikan dirimu, disamping creep2 lawan, lalu gunkan march dengan nge-klik tanah di belakangmu, yang akan membuat arah goblin menuju ke arahmu ( artinya dari samping creep musuh )dengan maksud membuat arah goblin ‘tegak lurus’ dengan arah creep.
Dengan begitu seluruh creep akan terkena, creep range juga terkena, dan meminimalisir creep yang ga’ terkena damage karena terhalangi oleh creep lawan lainnya. Cara kedua adalah, posisikan dirimu di belakang creep2 mu, dan gunakan march (klik tanah dibelakangmu) yang artinya goblin muncul dari arah belakang creep2 musuh, sangat menghemat waktu juga, karena posisi creep lawan dekat dengan tempat ‘muncul’ nya goblin2 mu, sedangkan kalau arah march dari belakangmu ( menuju ke depan ) butuh waktu cukup lama buat goblin2 mu mencapai creep lawan. Selain itu, juga bisa ‘cepat’ nyerang hero lawan yang kabur.
Spoiler Screenshot
- Posisi creep musuh.
selain arahnya, posisi creep juga harus kamu perhatikan, posisikan dirimu untuk nge-klik (march) di belakangmu sehingga arah goblin yang menuju posisimu itu, semuanya kena ke creep lawan, dan ga’ ada satupun creep yang ‘nge-tank’ atau menghalangi goblin untuk nyerang creep lainnya.
Yang cukup sulit adalah ‘bagaimana’ menggunakan march kalau creep musuh sedang berjalan, untuk pemula sebaiknya udah mulai menghitung2 sendiri kecepatan creep / brapa lama creep berjalan untuk sampai ke suatu area, lalu perhitungkan durasi march mu.
Lalu arah march mu sebaiknya ‘tegak lusur’ dengan arah creep lawan, tentu gunanya adalah mengurangi total creep yang ‘bebas’ dari goblin mu karena apabila goblinmu mengarah dari depan creep musuh, goblinmu hanya akan nyerang creep yang paling depan, yang artinya nge-tank temannya, artinya kamu hanya menyerang 1 atau 2 creep, lihat gambar..
Spoiler Screenshot
Selalu ingat juga, goblin juga bisa nembus pohon dan tower. Jadi, kamu bisa menggunakan march dari arah pepohonan secara diam2.
Okay, sudah cukup march nya, seperti yang sudah kukatakan, kamu jauh lebih unggul soal ‘tele’ dari semua hero di DotA, kecuali furion (mungkin ), yang bisa sering2 ke fountain, artinya kamu tidak pernah punya masalah dengan mana, jadi jangan pernah malu / ragu menggunakan ‘march’ meski di lane yang sedang kosong (dgn maksud berharap creep lewat), jadi manfaatkan setiap mana yang kamu bawa dari fountain, jangan kembali apabila menurutmu masih bisa menggunakan ‘march’ / skill lain, tapi tentu jangan gunakan sembarangan, itu namanya membuang2 mana.
Karena kamu ga punya masalah dengan ‘mana cost’, jadi masalahmu ada di ‘kapasitas’ mana mu. karena itu cepat2 beli mystic staff untuk nambahin kapasitas manamu, jadi bisa menggunakan lebih banyak skill.
Menggunakan combo spell mu ( laser-missile ), ada yang harus kamu pertimbangkan :
1. Missile ‘bisa’ memberikanmu jarak yang teraman untuk menyerang, yaitu kalau kamu ragu nyerang dari jarak untuk menggunakan laser.Terakhir untuk mid game, selalu ingat!! Selama rearm ( 3 detik ) adalah waktu yang paling ‘rapuh’ buatmu, lakukan rearm di tempat yang aman, kecuali kalau kamu mau berhadapan dengan pilihan sulit, melanjutkan rearm tapi akhirnya dibunuh / digagalkan juga, atau menggagalkan rearm-membuang mana-ga’bisa teleport- ga’ nyerang sebagai pertahanan- dibunuh juga-dan kalau berhasil kaburpun harus BERJALAN pulang ke fountain. Soulisanya? Jadiin shiva’s guard secepatnya- naikin level rearm!
2. Laser membuat lawan ‘miss’, yang bisa mengurangi ‘permabash’, jadi selalu gunakan ke hero melee yang sedang nyerang kamu.
3. Laser lebih menghemat mana, daripada kamu menggunakan missile untuk 1 hero saja.
4. Tp untuk melawan 2 hero lawan Sendirian, jauh lebih efektif menggunakan combo missile-rearm-missile ( 4 missile )dari jarak aman, daripada kamu menggunakan laser-missile di jarak dekat.
MANTA STYLE
Sebenarnya dengan Shiva saja kamu sudah kliatan jadi. Kalau begitu tinggal tambah kehebaanmu lg. Dan item ini yang aku rekomendasikan. Manta memberimu 190 HP, 130 Mana, 10% MS, dan kemampuan untuk membuat ‘image’ ( dua image ). Jadi musuh semakin dibuat kebingungan dengan 3 tinker sedang nge-push di DUA lane sekaligus. damage dari image2 mu juga akan sangat banyak karena kamu BANYAK membeli item2 yang menambah stat INT
ALTERNATIVE ITEMS
EMPTY BOTTLE
Item ini akan sangat berguna di early-mid game, selain untuk ngisi PU ( nge-bokong) jg untuk ngisi HP dan mana mu untuk menggunakan skill2 dan item mu. Sebenarnya dengan Soul ring sudah lumayan cukup.
SHIVA’s GUARD
Nambah kapasitas mana mu untuk melakukan rearm . Selain itu ada skill slower AoE sebanyak 200 damage dan nge-slow lawan sebanyak 40%. Jadi, item ini menambah skil ‘nuke’ mu, sinergi dengan ‘march’ dan sangat baik juga digunakan untuk creeping dan nge-bokong / war.
LINKEN’s SPHERE
Masih alternatif dari syiva’s. Menambah seluruh stats, HP regen dan 150% mana regen. Item ini termasuk cocok untuk tinker karena bisa nge-block sebagian besar spell lawan ( yang bertarget ), tapi hanya nge-block tiap 20 detik ( cooldown linken ). Tapi jangan khawatir, ‘rearm’ juga me’refresh’ cooldown item ini kok. Jadi bisa terus melindungi mu dari skill bertarget paling berbahaya sekalipun seperti FoD, laguna,fiend’s grip dan Doom. Boleh kamu beli setelah manta di late game untuk pertahanan juga.
LUXURY ITEMS
DAGGER
Sangat efekteif untuk membantu nge-bokong, atau 'lompat' ke area aman untuk melakukan tele, ataupun untuk mencuri jarak.
BKB
Meski Rearm udah ga bisa lagi nge-refresh cooldown item ini, tapi selama 5 detik ‘spell imunity’ sangat baik untuk tinker melakukan banyak hal seperti double combo. Aku merekomendasikan item ini hanya kalau lawanmu banyak stunner / disabler, seperti kalau melawan venge,rhasta,sven,raigor,dan rylai.
DAGON
Item ini termasuk item paling berbahaya kalau tinker yang memakainya. Rearm membuat Double damage Dagon level 5 ( 1500++ damage), sama aj kamu melakukan ‘one hit kill’ seperti finger of death dan laguna + aghanim. Hanya direkomendasikan ketika battle sudah terasa ‘lama’dan membosankan. Sebenarnya combo ini membutuhkan sangat banyak mana sih, belum lagi kalau mau menggunakan combo laser-missile.
GHOST SCEPTER
Beli ini kalau lawanmu banyakan hero melee-carry, dengan physical damage, apalagi kalau tidak ada ‘nukers’. Item ini membuatmu kebal dari serangan melee & physical damage, untuk pertahanan saat dibokong atau sedang push. Tapi jangan lupa 40% spell damage nya, jangan gunakan kalau ada nuker’s / spell caster di dekatmu. Upgrade ke etheral Blade suapaya musuh akan menerima damage missilemu ditambah amplify, hehehe
BAD ITEM
PHASEBOOTS Dan PT
Jangan pernah deh berpikir untuk membeli kedua sepatu ini, salah satu kebanggan tinker di tim adalah bisa tele kemanapun dan kapanpun yang dia mau. Tinker yang ‘PEJALAN KAKI’ adalah tinker yang aneh.
KHADGARS PIPE
Sekarang ngerefresh item ini udah ga’ berguna. Durasi nya 50 detik.
LATE STRATEGY
Tinker adalah 1 dari ‘sangat’ sedikit hero tipe INT yang masa kejayaannya ga pernah 'surut' sampai late game. Tentu karena ‘rearm’ nya juga nge-refresh item, item mahal yang umumnya berbahaya dan baru terlihat di late game.
DI late game, kamu bs menjadi ‘raja’ tele-slower-disabler-dll sekaligus. Rearm kali ini membuatmu seakan memakai cheat ‘thedudeabides’, seakan cooldown itu ga pernah ada.
Fokus untuk nge-push atau defense, dan hasilnya kamu gunakan untuk memperbanyak item2 mahal mu ( yang berguna / bisa digunakan tentunya ). Perma’hex’ misalnya, cukup jadiin guinsoo, dan targetmu ga akan punya kesempatan untuk ‘kembali’ ke wujud aslinya ^^.
Seperti early-mid game, di late game, bertahan hidup adalah yang utama, tp tetap selalu ikutan war, kamu sangat dibutuhkan di setiap war. Dapatkan HP dan mana sebanyak mungkin,ilusi-dan rearm lebih cepat, dan gunakan /manfaakan seluruh mana yang kamu punya sebaik mungkin.
FRIENDS
CRYSTAL MAIDEN
‘Manusia’ emang mahluk ciptaan tuhan paling sempuna. Termasuk di DotA. Cewek ‘cool’ ini paling digilai seluruh hero di ‘team battle’. Apalagi untuk spell caster sepertimu,dia adalah potensi terbesar keberhasilan tim mu dengan ‘brilliance aura’ nya. Di early game, Kamu akan lebih sering menggunakan combo spell kalau ada dia.
OBSIDIAN DESTROYER
Dia membuatmu ga akan pernah kehabisan mana, meski kamu menggunakan spellmu berkali-kali, tanpa harus tele dulu ke fountain
MEEPO
Dengan BoT, dia cukup bisa menyaingi ‘tele’ mu. Dia bisa tele kemanapun kamu tele, yang artinya kalian bisa melakukan bokongan di beberapa tempat dengan waktu yang sangat singkat.
ENEMIES
YURNEROOmnislashnya sangat ‘sakit’ untukmu. Cepat gunakan manta, saat dia menggunakan omni nya.
OMNIKNIGHT
Manusia yang satu ini perlu kamu jauhi apabila jadi musuh, repelnya benar-benar merugikanmu.
N'Aix
Sama, punya magic immune juga.
NA
Kalau kamu bertemu dia di lane mid, dia mungkin akan lebih menguasaimu dengan membuat mana mu selalu 0.
Kunkka
[credit: Arthie_096]
Sangat menyebalkan, kamu bisa rugi teleport karena ulahnya. Menggunakan X mark the spot untuk membuatmu kembali ke posisi sebelum teleport.
MAGINA
Dengan berbagai item2 INT mahal, kapasitas manamu pasti sangat banyak, dan kalau dia menggunakan mana voidx setelah kamu menggunakan banyak combo spell, kemungkinan besar kamu mati.
SILENCER
Dia lawan terburuk untuk semua hero nukers dengan combo spell sepertimu. Last word nya akan mencegahmu melakukan SEMUA combo spell mu, lebih parahnya lagi membuat durasi ‘rearm’ mu semakin lama.
DOOM BRINGER
Semua hero2 ‘silencer’ hanya nge silence skill2 mu, tapi doom nya nge-silence skill dan item mu juga. Sebenarnya dia yang paling merugikan..
PUGNA
Hero ini memang paling cocok untuk 'matahin'mental Tinker. Tinker yang super spammers sangat mudah dibunuh oleh Nether ward anti spammer ini. :)
CLOSING
Jangan pernah ragu / takut merefresh SATU skill saja kalau memang skill itu yang paling kamu butuhkan saat itu. Misalnya merefresh march saja kalau sedang push, atau ngerefresh Guinso doang biar musuhnya ga teleport (satu-satunya disablemu),dan lainnya.
Nukers adalah rajanya early game, jangan keliatan lemah di early game.. ga ada yang bisa sehebat combo spell mu di early game, semua juga tahu itu, jangaan disia-siakan potensi itu supaya kamu bisa berpesta Laser roket dan semua item aktif yang kamu beli di late game.
*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.
Terima Kasih :)
0 Bacot'ers:
Posting Komentar