Selasa, 17 Juli 2012

Jin’zakk – The Batrider










INTRO




Satu lagi anti-carry game ini. Bat rider adalah Support-disabler, yang merupakan skill yang paling dibenci hero-hero carry.

Bat rider memiliki banyak kelebihan, dia bisa ngestun dari jarak yang sangat jauh, memiliki slow yang efeknya bisa diperburuk setiap kali digunakan, sekaligus amplify, yang memberi bonus damage untuk serangan-serangannya nya yang lain.

Yang menjadi ciri khas hero ini adalah firefly, yaitu skill yang membuatnya terbang di atas apapun, membuatnya bisa melewati pohon, bukit, lembah,dll, dan siapapun yang mencoba mengejar akan terkena DPS area yang sangat mematikan.

Dan Satu hal lagi yang membuat hero ini terkenal adalah ultimatenya flaming lasso. Skill Disable yang dianugrahkan icefrog ke hero ini tidak main-main, durasinya 4 detik dan targetnya bisa ‘ditarik’ atau dibawa pergi. Yap, bat rider termasuk disabler yang paling ditakuti, karena itu dia memang hadir untuk mengimbangi kebrutalan hero2 carry, yang semakin hari semakin menjadi-jadi.

Spoiler Statistik Hero




Name: Jin’zakk
Affiliation: INT Neutral
Strength: 23 + 2.0
Agility : 15 + 1.5
Intelligence: 24 + 2.5
HP: 587
HP Regen : 0.94
Mana: 321
Mana Regen : 0.97
Damage: 48 - 52
Armor: 2.1
Movespeed: 290
Attack Range: 375
Attack Speed : 0.68
Missile Speed: 900
Sight Range: 1800 / 800




Keunggulan dan Kelemahan

KEUNGGULAN

- Base STR yang baik, untuk hero INT
- Skill-skillnya sinergi satu sama lain
- Punya skill kabur yang sangat baik, bisa menembus apapun.
- Memiliki stun(nuke) dengan casting range sangat jauh (1500 range)
- bisa ‘menculik’ musuh.. Xp


KELEMAHAN

- Kamu harus sangat dekat dengan target untuk menggunakan ulti.
- 290 MS
- AS buruk
- hmm.. sy ‘belum’ menemukan kekurangan lain dari batman ini... :D




SKILL

Sticky Napalm


Targets an area and drenches it in very sticky oil. Amplifies any fire damage and slows the movement speed and turn rate of units in that area. Extra casts of this on the same targets stack up to 10 times.

Level 1 - 10 damage and 3% slow per stack, lasts 7 seconds.
Level 2 - 15 damage and 5% slow per stack, lasts 7 seconds.
Level 3 - 20 damage and 7% slow per stack, lasts 7 seconds.
Level 4 - 25 damage and 9% slow per stack, lasts 7 seconds.

Casting range: 700
Area of Effect: 375
Mana Cost: 20
Cooldown: 3

- Skill amplify sekaligus slow. Sangat baik untuk mengontrol lane di early game.
- Skill ini bisa STACK sampai 10 kali, artinya kamu bisa memperbesar efeknya dengan menggunakannya berkali-kali ke musuh yang sama.
- Sangat baik juga digunakan untuk ngejar, karena bisa ngeslow sampai 90%
- dengan amplify, skill ini yang membuat damage attack dan skill-skill mu yang lain menjadi semakin sakit.
- Semua serangan Bat rider (attack, skill, item) akan ditambah bonus damage (amplify) dari skill ini, kecuali efek radiance /immolation. Ilusi/image bat tidak mendapat efek amplify.
- Tipe damage magical,jadi dikurangi resistance dan diblock oleh spell immunity.


Flamebreak


Hurls a highly explosive cocktail of dangerous chemicals at the target position. Upon impacting with an enemy the missile explodes, dealing damage and knocking all nearby foes away from the impact. Any unit who has been Napalmed will take additional damage from the blast.

Level 1 - 75 damage.
Level 2 - 150 damage.
Level 3 - 225 damage.
Level 4 - 300 damage.

Casting Range : 1500
Area of Effect: 400
Mana Cost: 80/100/120/140
Cooldown: 11 seconds

- Skill stun + nuke dengan casting range yang sangat jauh.
- Skill ini berefek area (di posisi yang kamu klik), tapi musuh yang terkena ‘apinya’ akan di- stun selama 0.5 detik.
- Karena bisa ngestun, jadi bisa digunakan juga untuk menggagalkan channeling spell
- Damagenya akan bertambah kalau targetmu terkena buff (amplify) dari sticky napalm.
- Tipe damage magical, jadi dikurangi resistance dan diblock oleh spell immunity.


Firefly


Flies high leaving a burning trail behind. Enemies who dare follow will get burned by the fiery napalm. Nothing can take the skies from him. Lasts 15 seconds.

Level 1 - 20 damage per second.
Level 2 - 40 damage per second.
Level 3 - 60 damage per second.
Level 4 - 80 damage per second.

Area of Effect: 200
Mana Cost: 100
Cooldown: 40 seconds

- Salah satu skill kabur terbaik (mungkin yang terbaik ), karena sekaligus menyerang musuh yang mengejar.
- Saat diaktifkan, kamu bisa menembus pohon, bukit, lembah,tebing, unit, semuanya..
- Bat rider bisa terjebak di atas tebing, di antara pepohonan, atau di lubang, dll yang tidak bisa dilalui, kalau durasi skill ini selesai saat dia berada di tempat-tempat itu.
- Skill ini menghancurkan pohon di AoE yang dilaluinya.
- Damagenya bisa bertambah kalau targetmu terkena buff (amplify) dari sticky napalm.
- Tipe damage magical, jadi dikurangi resistance dan diblock oleh spell immunity.


Flaming lasso


Snags a target with a constricting lasso, allowing the Batrider to drag them behind him as he moves. Does not drag units onto impassable terrain. Teleporting or blinking will break the lasso.

Level 1 - Drags the target for 3 seconds.
Level 2 - Drags the target for 3.5 seconds.
Level 3 - Drags the target for 4 seconds.

Casting range: 175
Mana Cost: 150
Cooldown: 90/70/50 seconds

- Skill yang digunakan untuk ‘menculik’ satu musuh :D
- target yang terkena akan disable selama 4 detik, artinya tidak bisa melakukan apapun
- casting range nya sangat dekat, harus sangat hati-hati menggunakannya.
- Kalau salah satu diantara bat rider atau targetnya mati, ikatan akan terputus.
- Kalau jarak bat rider dan target lebih dari 400, ikatannya juga akan terputus juga.
- skill ini TIDAK diblock oleh spell immunity
- Skill ini sangat mematikan untuk musuh yang sedang terkena rupture.



SKILL BUILD

1. Firefly
2. Sticky Napalm
3. Sticky Napalm
4. Flamebreak
5. Sticky Napalm
6. Flaming Lasso
7. Sticky Napalm
8. Firefly
9. Firefly
10. Firefly
11. Flaming Lasso
12. Flamebreak
13. Flamebreak
14. Flamebreak
15. Stats
16. Flaming Lasso
17. Stats
18. Stats
19. Stats
20. Stats
21. Stats
22. Stats
23. Stats
24. Stats
25. Stats


Fire fly di level 1 berguna untuk kabur kalau kamu dibokong. Sisanya ambil di mid kalau sticky Napalm sudah mentok.

Sticky Napalm mentok pertama karena skill ini sangat berguna di lane. Selain untuk mengontrol lane dengan ngeslow, juga memberimu banyak bonus amplify damage untuk ngelast hit.

Flamebreak di early juga berguna untuk ngebokong, atau defense tower. Ambil sisanya setelah skill lain mentok, karena sticky Napalm denga firefly lebih sinergi daripada flamebreak.

Flaming Lasso ambil kapanpun bisa, mana cost dan cooldownnya sangat murah, selain itu skill ini yang paling membantu saat kamu ngebokong.






Item Build dan Gameplay

EARLY GAME




ITEM

Item Awal

Core awalmu adalah Magic stick, karena kamu akan main lane. Untuk selanjutnya belilah item regen HP seperti tango dan salve, dan Sisanya beli gauntlet/circlet/beberapa branch, Atau clarity potion.

Animal courier sangat direkomendasikan untuk yang main by1 atau kompetisi.


Item Core

BRACER


Kapasitas (HP dan Mana) sangat dibutuhkan hero yang main lane. Karena pertumbuhan STR dan INT tidak begitu baik, jadi kau butuh item ini, untuk menambah ketahanan selama early. Beli 2 cukup.


MAGIC WAND


Hero yang akan sering berada di sekitar musuh akan memberikan keuntungan untuk hero yang membawa item ini. Selain itu, hero lane sering kena bokongan, membuat charge item ini tidak akan kosong.


EMPTY BOTTLE


Item core seluruh hero ganker.


BOOTS OF SPEED


Wajib untuk semua hero. Menambah MS (kecepatan berjalan) sebanyak 50






STRATEGY

Drafting..

Jangan pick Batrider
1. Kalau musuhmu banyak yang pick Silencer/Mana Burners.
2. Tim kalian kekurangan Tanker.
3. Lawanmu salah satunya Spectre/Pugna. (Dijelaskan di bawah...


Pick Batrider
1. Banyak hero carry dalam lawanmu.
2. Carry kalian butuh disable untuk membunuh...
3. Anda suka amplified Napalm.
4. Kabur tanpa menabrak terrain...


Peran
Carry/Semi-Carry = No-No
Ganker/Disabler = Ya..ya..what is it!
Nuker/Pusher = Boleh...
Support/Warder = Dengan Napalm...
Initiator = Gank iya, kalau war jangan!
Tanker/Semi-Tanker = Still No-No!!

Slow,stun,disable dan skill kabur yang sangat baik dimiliki oleh Bat rider. karena itu di early-mid, bat rider adalah Ganker. Lalu dengan tiga spell area, juga berperan sebagai Support -Pusher dan defender di tim. Nah, untuk late, utamanya saat war, bat rider adalah disabler utama, dan slower.


Lane

Lane yang cocok?
Semua Hero range, apalagi yang memiliki nuke sudah pasti tidak terlalu mempermasalahkan lane yang cocok, karena mereka bisa mengatasi semua situasi lane dimanapun lane yang dipilih. Jadi Bat rider bisa solo atau dual, atas maupun bawah.


Solo?
Batrider ga harus solo. Jadi Kalau tim kalan tidak ada yang memakai hero yang wajib solo (viper,doom, warlock, dp, tinker ,dll) baru kamu main solo.

Lakukan creepblocking saat perjalanan menuju lane. Nah di lane, apapun lawanmu (kecuali stunner/disabler) usahakan untuk menguasai area creep. Lakukan Last hit dan DENY, dan usahakan area creep tidak mendekat ke tower musuh.

Jangan lupa pasang ward di kedua sisi lane mu, lane mid termasuk cukup rawan ganker di early game. Dan sebaiknya vision ward mu bisa mencapai PU, jadi kamu bisa mengambil PU setiap kali muncul, dan langsung ngebokong musuh di lane atas atau bawah.


Dual - Atas / bawah ?
Kalau tim memiliki hero yang wajib solo kamu main dual lane aj. Lane yang kusarankan adalah bawah (sentinel) dan atas (scourge), karena di kedua lane itu area creep lebih dekat dengan tower kalian, artinya kalian aman dari ganker lawan, sementara lawan sangat mudah dibokong oleh early ganker kalian.

Tapi Kalau main di lane atas (sentinel) atau bawah (scourge), itu lebih berbahaya, karena kalian akan sangat mudah kena bokongan ganker musuh. Karena itu kusarankan lakukan creepblocking juga selama perjalanan ke lane, dan sebaiknya kalian fokus nge-deny dulu, sampai area creep cukup jauh dari tower musuh.


Roaming?
Boleh banget, kamu punya slow dan stun (nuke), manfaatkan untuk membantu ganker kalian. Sebaiknya Muali roaming kalau kamu sudah punya bottle. Asal jangan roaming sendirian ya..


Penggunaan Skill

Sicky Napalm



Skill ini memberikan efek amplify yaitu menambah damagemu, baik physical damage maupun damage spell2 dan item mu (kecuali radiance). Semakin banyak STACK yang kamu berikan, semakin buruk efeknya untuk target, artinya bonus damagenya akan semakin banyak. Batas Stacknya bisa sampai 10 kali (10 stack).

Selain amplify, skill ini juga ngeslow musuh di AoE, dan juga STACk sampai 10 kali. Lihat Slow yang bisa kamu hasilkan ke target dari 1-10 kali Stacking.

Yap, dengan 10 kali stack, potensi tertinggi slow yang bisa kamu hasilkan adalah 90%!!!! Artinya targetmu hanya bergerak dengan 10% MS nya saja, jauh lebih lelet dari gerakan ayam, kwkwkkw..

Manfaatkan amplifynya di lane, supaya kalian mudah ngelast hit, sekaligus akan menyusahkan musuh untuk creeping. dan karena slownya STACK, jadi skill ini juga sangat membantu chasing mu juga (ngejar).

Soal mana cost atau cooldownnya tidak perlu kamu khawatirkan, skill ini bisa di spam kok. Dan karena cooldownnya hanya 3 detik, berarti potensi terbesar skill ini bisa dicapai dalam 30 detik (10 stack). Tapi selalu cek item-item yang di bawa musuh, kalau dia membawa magic wand/stick, jangan ngespam Napalm.



Flamebreak

Sebenarnya skill ini termasuk nuke area, dengan damage nuke magical yang baik dan area pula. Tapi kelebihan skill ini dari nuke lainnya adalah skill ini bisa ngestun. Target yang terkena animasi ‘api’ skill inilah yang akan terkena stun. Jadi jangan lupa untuk menggagalkan channeling, selalu simpan stun ini untuk musuh yang memiliki channeling spell berbahaya seperti black hole,freezing field, death ward,dll.

Spoiler AoE Flamebreak



Photobucket


Dengan casting range sejauh 1500, artinya skill ini bisa kamu gunakan untuk membunuh musuh sekarat yang sudah kabur jauh, tanpa harus mengejarnya. Meski jarakmu dan target sangat jauh,kamu tetap harus ngeklik target arah flamebreakmu di dekat posisi target. Kecepatan missilenya sama 900 , jadi untuk target yang bergerak kamu perlu memperhitungkan MS target.

Spoiler Screenshot



Photobucket


Amplify damage dari Sticky Napalm akan menambah damage flamebreak yang dihasilkan. lihat damage yang bisa kamu hasilkan dengan flamebreak kalau target sedang terkena buff Napalm (untuk SN level 4 )

Meski cooldownnya cukup singkat, jangan ngespam skill ini,karena mana costnya tidak sedikit. Jadi gunakan saat ngebokong atau saat push/defense, dan jangan gunakan untuk creeping di early.


Firefly



Firefly adalah DPS area yang sangat berguna untuk kabur, karena memberimu kemampuan nol coliision (tidak ada area tabrak) atau berjalan di ‘atas’ yang artinya kamu bisa melewati apapun tanpa perlu memutarinya, seperti pohon, tebing, lembah,lubang, unit, dll.

Karena ada efek DPS areanya, jadi kebanyakan musuh akan berhenti mengejarmu kalau kamu sudah megaktifkan skill ini, meskipun kamu membuka jalan untuknya.

Skill ini juga sangat membantu ngutan, kamu bisa creeping di dua bahkan 3 camp sekaligus dengan skill ini.

Spoiler Screenshot



Photobucket


Seperti DPS area lainnya, gunakan skill ini untuk nyicil HP musuh. 80 DPS di early-mid game itu sangat mematikan, jadi manfaatkan untuk membantu menguras HP target kalian sebelum di bokong.

Tapi ingat! Area nya tidak seluas DPS area lainnya, dan panjangnya sesuai jarak yang bisa kamu capai selama 15 detik..

Spoiler Screenshot



Photobucket


Lalu, sama seperti flamebreak, Amplify damage dari Sticky Napalm juga menambah DPS area yang dihasilkan..

Karena cooldownnya cukup lama, jadi jangan gunakan sembarangan terutama di mid-late game. Karena skill ini bisa menyelamatkanmu kalau kalian kalah war atau bokongan berhasil dicounter.




MID GAME



ITEM

KELEN’S DAGGER


Item blink ini akan mempermudahmu menggunakan Flaming lasso, yang membutuhkan jarak yang sangat dekat dengan target.


Force Staff


Item ini akan membantu 'mendorong' lebih cepat target yang diculik, lasso tidak akan putus saat menggunakannya.


BOOTS OF TRAVEL


Memiliki 3 skill Area membuat batrider cocok menjadi pusher dan defender. Nah kebutuhan utama pusher sendiri adalah memiliki kemampuan teleport.







STRATEGY

Bat rider di mid game adalah Ganker, jadi sekrang kita harus fokus di strategy gankingmu. Ngebokong di mid game adalah hal yang sangat-sangat penting, karena jalan terbaik untuk mudah mendominasi lawan di late adalah dengan ngebokong mereka di sepanjang mid game, terutama CARRY nya.


Flaming Lasso



Jadi efek skill ini paling dibenci semua orang, karena efeknya adalah DISABLE selam 4 detik, artinya target tidak bisa melakuakan apapun selama durasi itu, membuat siapapun yang terkena menjadi tidak berdaya dan tidak berguna.

Disable adalah skill yang Paling dibenci oleh Carry, atau hero lain yang memiliki DPS sangat baik, karena bagaimanapun juga, sebaik apapun DPS yang dimiliki, tidak ada gunanya kalau terkena disable.

Skill disable ini sangat berguna saat ngebokong, karena teman-temanmu akan mendapat keleluasaan menyerang target selama 4 detik. Dan selama 4 detik itu pula targetmu akan terkena DPS area dari firefly, jadi tidak perlu khawatir akan keluar dari AoEnya.

Penggunaan skill ini memang tidak semudah disable lainnya, casting range skill ini ‘melee’ jadi kamu memerlukan jarak yang sangat dekat dengan target untuk bisa mendisablenya. Tapi kelebihan disable ini adalah bisa digunakan untuk ‘menculik’ satu musuh, karena selain target tidak bisa bergerak, kamu juga bisa menariknya kemanapun kamu mau selama durasi, artinya kamu bisa memanfaatkan itu dengan membawa targetmu ke area tower.

Spoiler Screenshot



Photobucket


Selain membuka bokongan, skill ini juga sangat berguna untuk mengcounter bokongan. Jadi pastikan juga untuk ‘menculik’ musuh yang sedang mengejar temanmu, bahkan selama 4 detik disable itu kalian bisa membalikkan situasi dengan mudah. Jadi ingat! Gunakan juga untuk menolong teman-temanmu, nyawa merekalebih penting dari 150 mana mu.

Sebenarnya tidak ada lagi penjelasan yang penting mengenai skill ini. Dan untuk Manacostnya termasuk murah untuk skill Ultimate INT, tapi karena cooldownnya cukup lama, jadi gunakan saat ngebokong atau war saja.



Combo

Seperti ganker lainnya, combo spell dan skenario ngebokong itu sangat penting untuk dipersiapkan, sebelum mulai ngebokong. Sebaiknya kamu telah memiliki dagger, karena blink akan sangat membantu prosesnya. Jadi combo skill yang akan kamu lakukan setiap ngebokong/war adalah..

-> -> -> bawa target ke teman -> ->



Jadi skenarionya akan seperti ini..

- Gunakan Dagger ke samping target (posisikan sedekat mungkin dengan target), lalu kalau sempat gunakan sticky napalm ke target (kalau tidak sempat, ya tidak usah)

- Ikat target dengan flaming lasso

- Aktifkan firefly

- Bawa target ke arah temanmu. Jadi sebaiknya temanmu tidak terlalu jauh darimu, kemudian serang target sebanyak mungkin.

- sambil nyerang, gunakan juga sticky Napalm, supaya damage amplify dan slow nya semakin banyak. Apalagi kalau dia mulai kabur.

- Kalau berhasil kabur, dan sudah jauh, gunakan flamebreak untuk membunuhnya.



Yap, ngebokong adalah tugas wajib untuk para ganker di sepanjang mid game, tapi jangan lupa creeping juga, untuk persiapan late game kalian. Manfaatkan AoE damage flame break untuk creeping, jadi jangan gunakan firefly, karena skill itu lebih dibutuhkan untuk kabur.





LATE GAME





ITEM

GUINSOO SCHYTE OF VYSE


karena batrider adalah disabler, jadi item late mu adalah disable juga. Ketahuilah saat war 2 disable itu jauh lebih baik dari 1 disable. Selain itu item ini memberi Mana yang banyak, dan juga menambah ketahananmu untuk late game.



ALTERNATIF

KHADGAR’S PIPE OF INSIGHT


Kalau disabler tim bukan Cuma kamu. Item ini juga sangat ngesupport war kalian, karena ngeblock sebagaian besar spell untuk semua temanmu.


ASSAULT CUIRASS


Selain khadgar, item ini juga bisa menjadi alternatif guinsoo. Bahkan dengan item ini, carry tim mu akan semakin senang ^^


SHIVA’S GUARD


okay cukup item support carry nya, sekarang kamu bisa memilih item ini untuk menambah AoE damage saat war. Item ini juga mendapat bonus amplify dari sticki Napalm, jadi banyangin aj musuh-musuh dengan 10 STACK sticky napalm dan terkena shiva’s Arctic Blast...yang pasti akan menghasilkan AoE damage yang sangat besar.


BLACK KING BAR


item ini bukan luxury bat rider. Item ini menjadi CORE kalau musuhmu banyak disabler/stunner, mengingat kamu akan sering ‘mendekati musuh’.


FORCE STAFF/LOTHAR


Kedua item ini jauh lebih beresiko dibandingkan Dagger. Sesuaikan dengan situasi battlemu, tapi kurasa dagger yang terbaik untukmu.



LUXURY

NECRONOMICON


Selama disable (flaming lasso) kamu ga bisa ngapa-ngapain selain menyerang target dengan firefly. Tapi dengan kedua demon dari item ini kamu bisa menambah DPS selama durasi flaming lasso. Sekaligus menambah MS, dan BURN/ break mana.


BLADE MAIL


Kalau kamu merasa yang paling sering dibokong musuh. Item ini sangat efektif untuk mengcounter mereka :)


LINKEN’S SPHERE


Kalau musuh punya spell bertarget yang berbahaya, seperti doom, FoD, laguna,magic missile, dll.


BLOODSSTONE


Semakin banyak charge nya semakin baik untuk mu dan tim mu. juga Menambah ketahananmu selama late.


RADIANCE


DPS area lagi, meski amplify SN tidak menambah damage immolationnya.


DAGON


Tidak terlalu berguna sih..


MJOLNIR


Sejak resep item ini berubah (hyperstone) semua tipe hero telah memiliki akses baik dengan item ini. Terutama yang memiliki attack damage sangat baik meski bukan hero carry. Selain itu menambah AoE damage lagi dengan chain lightningnya.



Jangan Beli ini!

PHASE BOOTS


kamu telah memiliki kemampuan ‘menembus’ yang jauh melebihi ‘phase’ item ini. Item yang membantumu push seperti teleport masih lebih menguntungkan.


POWER THREADS


AS? Tidak kamu butuhkan.


ITEM DPS




ITEM LIFESTEAL




REFRESHER ORB


Tidak berguna.






STRATEGY

Mencapai sejauh ini artinya kamu telah melewati early dan mid game. Kalau kalian memiliki hero carry berarti selamat kalian telah mencapai late game. Tapi kalau kalian tidak memiliki carry, berarti kalian telah gagal di mid game.

Late game adalah masa kejayaan hero carry, atau siapapun yang memiliki kemampuan DPS sangat baik, dan dilengkapi pula dengan item-item late yang berbahaya. Keberadaan carry ‘jadi’ di late akan membaut battle kalian menjadi semakin sulit, apalagi kalau kalian tidak memiliki hero late.

Jadi kalau tidak ada hero carry, apa kita sudah berakhir? Siapa bilang? penentu kemenangan bukan dari hero carry, tapi dari teamwork kalian. Selain itu ada banyak cara untuk mengcounter hero carry ‘jadi’ di late game, dan yang paling ampuh adalah DISABLE!!!

Peran disabler di late game adalah sangat-sangat penting, ga beda jauh dengan carry.Jadi pastikan kamu telah siap untuk late game kalian. Persiapkan skill dan item sebaik mungkin, karena tugas mu kali ini jauh lebih penting dari sebelumnya..


WAR!!

Bat rider bukan initiators, flaming lasso kurang efektif digunakan sebagai pembuka war karena skill itu ‘bertarget’ yang artinya kalau kamu memicu war, masih ada 4 musuh yang bisa membunuhnya.

Jadi saat war tugasmu adalah menggunakan flaming lasso tepat setelah initiator membuka war. Dan target disable mu harusnya disabler nya atau carrynya. Culik lalu bawa dia ke area temanmu untuk dihabisi.

Yap, itu saja yang harus kamu lakukan, selebihnya adalah gunakan flame break untuk membunuh musuh yang mencoba kabur, spam sticky napalm supaya musuh-musuh semakin slow, dan gunakan firefly untuk mengejar musuh yang sembunyi di pepohonan atau gunakan untuk kabur kalau kalian kalah war.

Yang perlu kamu ingat juga saat wa adalah, kamu (disabler) termasuk target utama musuh. So, Watch out!!



Jangan jauh-jauh dari temanmu, kalau mau push ikutan push, begitu juga kalau temanmu mau roshan atau ngebokong musuh. Tapi karena kamu punya banyak spell area, jadi kamu punya tanggung jawab untuk defense.

kalau salah satu tower di base musuh sudah roboh, sebaiknya push mereka di bagian itu, lalu hancurkan barracknya, supaya kalian memiliki creep yang lebih kuat. Dengan begitu ngepush akan semakin mudah.

Okay, selesaikan late game secepatnya..sebelum musuhnya nembus base kalian lebih dulu : )




FRIENDS

COMBO NUKE


Mereka bisa leluasa menggunakan combo spell selama 4 detik disable.


DISABLER


Rekan-rekanmu , kalian bisa menghasilkan durasi disable dua kali lebih lama.


GANKERS


Teman gankermu saat ngebokong.


TANKERS


Ketahuilah bahwa kamu (disabler) adalah target pertama musuh-musuh saat war. Jadi kontribusi tanker saat war sangat kamu butuhkan.


CARRY/PERMABASHER/ SEMI CARRY/ DPSer / CLONERS/ DPS AREA


Siapapun yang sangat terbantu dengan 4 detik disablemu untuk menyerang, terutama CARRY!! Kamu disablernya, mereka killernya.


Naga Siren


7 detik nina bobo untuk ngespam stiky napalm ampe mentok, haha


BLOODSEEKER/EZALOR


Ga mau rugi rupture atau mana leak? berteman saja dengan Bat rider : )




ENEMIES

TANKERS


Saat war, mata mereka akan pertama kali tertuju padamu, para disabler.


ZERO COLLISION


Kamu belum bisa lolos dari mereka, meski sedang firefly.


SILENCERS


Silence sangat merugikan untuk disabler, apalagi yang memiliki combo spell. Tanpa disabler, kemungkinan war kalian tidak akan berhasil.


MANA BURNERS


Mana burn termasuk counter yang paling ampuh untuk disabler. Tanpa mana, apa bedanya dengan terkena silence.


CLONERS


Siapa yang tidak kesal kalau ternyata yang kita ‘ikat’ hanyalah ilusi...


DISABLER


Anti disabler yah disabler juga..


Pugna


Hero ini memang sangat menyusahkan buat spammers..




CLOSING

Jadi kesimpulannya, bat rider adalah hero support. Semua yang dimilikinya adalah aset support untuk tim, seperti disabler, Spell area untuk push/defense, menolong teman dengan lasso, slower yang Stack, dan stun.

Menurutku, hero ini memiliki potensi yang sangat luar biasa, dia memiliki stun yang rangenya sangat jauh, memiliki nol collision untuk kabur, dan stacking slow nya juga sangat mengagumkan.

Hero ini terbilang masih cukup baru di DotA, dia pertama kali muncul bersamaan dengan Tauren chieftain. Namun sayang, popularitas hero ini kalah jauh dari The Famous NEW Initiator “tauren” saat itu. Tauren lebih sering muncul daripada hero ini, termasuk di kompitisi-kompetisi.Karena itu, masih banyak orang yang belum mengenal potensi hero ini (termasuk saya :P)

Okay, that’s it. Dan karena guide ini masih belum sempurna, jadi saya menerima semua bentuk saran,masukan, dan kritik juga selama itu ‘membangun’, karena jujur saya sendiri juga masih dalam tahap ‘belajar’ untuk disabler yang satu ini. ^^






*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.

Terima Kasih :)

0 Bacot'ers:

Posting Komentar

Template by:

 

Ente pada suka ini ?
Follow @dikutip