Selasa, 17 Juli 2012

Vol’jin – The Witch Doctor




Photobucket

INTRO



Witch Doctor. Pernah memakai hero Initiator? Apa kamu punya cukup keberanian melakukan ‘tugas’ sebagai initiator? Okeh, kalau iya selamat kamu boleh memakai Vol’jin. Tapi disini saya tidak akan membahas ‘keberanian’ Initiator, karena hero yang kita bahas disini memang bukan initiator tapi adalah seorang Channeler, yaitu hero yang juga menuntut pemakainya memiliki Keberanian seperti seorang initiator, dengan mengambil resiko masuk ke tengah-tengah musuh untuk melakukan Nuking.

Vol’jin termasuk salah satu hero yang cukup sulit dikuasai. Jadi kalau kamu nubie kusarankan ‘swap’ dengan temanmu atau ketik ‘–repick’, ini penting karena belajar main DotA tidak harus dimulai dari Vol’jin donk ^^. Karena hero ini 100% adalah soal TIMING! Mengajarkan kita betapa berharganya waktu.

Dia bisa menjadi sangat berbahaya meski tanpa item, tapi dia SANGAT BUTUH item pastinya :p ,hero ini punya bakat ganking-killing yang sangat hebat di earlymid game, dan Support-Nuke yang sangat dibutuhkan di war late game.

Spoiler Statistik Hero



Name: Vol’jin
Affiliation: Intelligence Scourge
Strength: 16 + 1.8
Agility : 13 + 1.4
Intelligence: 24 + 2.9
HP: 454
HP Regen : 0.73
Mana: 312
Mana Regen : 0.97
Damage: 51 - 61
Armor: 0.9
Movespeed: 305
Attack Range: 600
Missile Speed: 1200
Sight Range: 1800 / 800




Keunggulan dan Kelemahan


KEUNGGULAN

- Misiile speed, attack animation sangat cepat, mudah last hit/deny.
- Pertumbuhan INT sangat tinggi
- Punya stun yang bisa memantul sampai 8 kali.
- AoE Super Heal..
- Memiliki salah satu Ulti channeling Paling mematikan.
- Memiliki salah satu Negatif buff Paling ditakuti (Maledict)


KELEMAHAN

- Armor 0.9 dan pertumbuhan STR kurang, sangat mudah dibunuh.
- Ultinya Channeling, mudah dicounter.
- pantulan casknya Random, tidak bisa diprediksi
- sangat bergantung dengan item, BKB.
- Timing adalah segalanya, lelet sedikit bisa kacau..





SKILL


Paralyzing Cask


Vol'jin launches a cask of paralyzing powder that bounces between foes, stunning those affected for a short period of time (1 sec on Hero, 5 on creeps). Deals damage per bounce to non-hero units.

Level 1 - 2 bounces, 75 damage to units, 50 damage to heroes.
Level 2 - 4 bounces, 100 damage to units, 50 damage to heroes.
Level 3 - 6 bounces, 125 damage to units, 50 damage to heroes.
Level 4 - 8 bounces, 150 damage to units, 50 damage to heroes.

Duration : 1 second on heroes / 5 seconds on creeps
Casting range: 700
Bouncing Range: 600
Mana Cost: 110/120/130/140
Cooldown: 20/18/16/14

- Skill untuk ngestun, tapi bisa memantul sampai 8 kali, jadi efeknya seperti stun area tapi bergantian.
- Pantulannya random.
- Jarak pantulan yang bisa ditempuh 600 range, lebih dari itu Cask tidak akan memantul.
- musuh bisa terkena beberapa kali pantulan selama Cask masih bisa memantul.
- Skill yang sangat sempurna untuk mengcounter Cloners.
- Tipe damage magical, dikurangi resistance dan di block spell immunity.


Voodoo Restoration


Vol'jin focuses his voodoo magic to heal nearby allied units.

Level 1 - Restores 16 hp/sec.
Level 2 - Restores 24 hp/sec.
Level 3 - Restores 32 hp/sec.
Level 4 - Restores 40 hp/sec.

Area of Effect: 340
Mana Cost: 25/50/75/100 initial + 6/9/12/15 per sec
Cooldown: 0

- Skill Healing Area, tapi area kecil, bisa kamu lihat luasnya di tanah saat aktif.
- Healnya bekerja setiap interval 0,33 detik
- Skill ini instant cast karena tidak ada cooldown, salah satu skill yang tidak bisa memicu Essence Aura dari Harbinger.
- Skill ini bisa ngeheal teman yang sedang spell immune.


Maledict


Targets an area with an ancient voodoo curse. Cursed heroes will not only take damage over time, but they will be dealt bonus damage every 4 seconds based on how much hp they lost since the beginning of the curse.

Level 1 - Enemies lose 5 hp/sec, 10 bonus damage for every 100 hp lost during curse.
Level 2 - Enemies lose 10 hp/sec, 20 bonus damage for every 100 hp lost during curse.
Level 3 - Enemies lose 15 hp/sec, 30 bonus damage for every 100 hp lost during curse.
Level 4 - Enemies lose 20 hp/sec, 40 bonus damage for every 100 hp lost during curse.

Duration: 12 seconds
Casting range: 400
Area of Effect: 165
Mana Cost: 120
Cooldown: 35

- Skill nyantet, menghasilkan DPS selama durasi.
- setiap 4 detik akan ada ledakan yang menghasilkan damage. Jadi akan ada 3 kali ledakan selama durasi.
- bonus damage (ledakan) berdasarkan jumlah HP target yang berkurang sejak terkena efek skill ini. 40 damage / 100 HP yang berkurang. jadi damagenya akan semakin mematikan sampai ledakan terakhir.
- Kalau HP target di tambahkan selama durasi, damage Maledict yang kamu hasilkan juga semakin berkurang.
- Termasuk negatif buff terbaik, Tidak ada Debuff yang bisa menghentikan efeknya. Phantasm, Dispell,mirror image, Repel(spell immune), time lapse, bahkan Aphotic pun TIDAK!!
- Tipe damage magical,


Death Ward


Summons a deadly ward to attack enemy heroes. Lasts for 8 seconds and is a channeling spell.

Level 1 - 60 (90*) Chaos Damage
Level 2 - 90 Chaos Damage (120 Chaos Damage, bounces once*)
Level 3 - 120 Chaos Damage, bounces once (150 Chaos Damage, hits 3 targets at once*)

Duration : 8 seconds
Casting range: 300/350/400
Mana Cost: 200
Cooldown: 90
*Dengan Aghanim’s Scepter

- Skill Channeling spell yang sangat berbahaya, apalagi kalau dicombokan dengan Maledict.
- Karena channeling spell, jadi selama durasi kamu tidak boleh bergerak ataupun menggunakan skill/ item, atau channelingnya akan terhenti.
- ward nya INVULNERABLE, atau tidak bisa dihancurkan oleh serangan apapun. Hanya akan hilang kalau durasinya telah selesai atau channelingmu dihentikan.
- Kamu Bisa mengendalikan Death ward, menentukan siapa Hero musuh yang ingin kamu serang.
- Death ward hanya menyerang Hero musuh di 700 AoE, mengeluarkan chaos damage setiap interval 0,3 detik.
- Bisa diimprove dengan Aghanim’s Scepter, membuat death ward bisa menyerang 3 musuh sekaligus di AoE.
- Tipe damage 'CHaos' itu semacam Physical Damage, jadi DIkurangi armor dan (sebagian) di block oleh item seperti Vanguard, stout shield,dll.




SKILL BUILD


Standard Build

1. Paralyzing Casks
2. Maledict
3. Maledict
4. Paralyzing Casks
5. Maledict
6. Death Ward
7. Maledict
8. Paralyzing Casks
9. Paralyzing Casks
10. Voodoo Restoration
11. Death Ward
12. Voodoo Restoration
13. Voodoo Restoration
14. Voodoo Restoration
15. Stats
16. Death Ward
17. Stats
18. Stats
19. Stats
20. Stats
21. Stats
22. Stats
23. Stats
24. Stats
25. Stats


Cask di level 1 sangat penting untuk pertahanan,dll. Skill yang pertama mentok adalah Maledict karena di early skill itu bisa sangat mematikan kalau dicombokan dengan spell-spell nuke teman dan beberapa Hit.

Kenapa Cask dimentokin kedua? Karena damage Cask untuk hero sama di semua level, sementara damage Maledict juga berasal dari damage cask.

Untul build ini kamu tidak butuh Voodoo di early, karena kamu tidak boleh mengabaikan potensi kedua skill earlymu yaitu Cask dan Maledict.

Death ward adalah skill yang sangat ditakuti di early-mid game, dan yang menjadi sumber damage maledict terbesarmu. jangan pernah melewatinya satu levelpun.



Babysitter Build:

1. Paralyzing Casks
2. Maledict
3. Maledict
4. Voodoo Restoration
5. Maledict
6. Death Ward
7. Maledict
8. Paralyzing Casks
9. Paralyzing Casks
10. Paralyzing Casks
11. Death Ward
12. Voodoo Restoration
13. Voodoo Restoration
14. Voodoo Restoration
15. Stats
16. Death Ward
17. Stats
18. Stats
19. Stats
20. Stats
21. Stats
22. Stats
23. Stats
24. Stats
25. Stats


Tidak jauh beda dengan standar build, hanya kamu akan mengambil 1 level Voodoo Restoration di early untuk ngesupport carry di lane. ikuti build ini kalau kamu menjadi babysitter di early.





Item Build dan Gameplay

EARLY GAME




ITEM

Item Awal
Tergantung di lane mana, kalau mid beli ward, tango,clarity, item stats dan branch, Atau beli ayam juga (animal courier). Tapi Untuk battle yang tidak serius langsung beli bottle aj.

Untuk dual lane atau jadi babysitter , beli Item regen HP dan Mana yang banyak, sisakan juga untuk membeli Magic stick dan item stats (Mantle/branch)


Item Core
NULL TALISMAN


Item stats untuk menambah kapasitas HP dan Manamu, stat INT juga menambah Attack damage yang akan membantu Last hit dan menghasilkan damage Maledict lebih banyak.


MAGIC WAND


Item ini sangat menguntungkan kalau main dual lane, atau kalau musuhmu banyak spammers. Kamu butuh ini di early game.


BOOTS OF SPEED


Semua Hero membeli sepatu ini.







STRATEGY

Drafting

Jangan Pick Vol'jin
1. Kalau musuhmu ada yang pakai hero yang spellnya menembus Magic Immune.
2. Tim kalian butuh killer.
3. Anda kadang suka lelet urusan timing.

Pick Vol'jin
1. Kalau temanmu pakai Nortrom.
2. Musuhmu kebanyakan memakai hero yang tidak dilengkapi skill untuk kabur.
3. Anda suka nekat masuk ke tengah-tengah musuh untuk nuking.
4. Tim anda membutuhkan seorang healer dan ganker.


Peran
Carry/Semi-Carry = Tidak cocok!
Ganker/Disabler/warder = Sangat dianjurkan!
Nuker/Pusher = Sebaiknya...
Support = Of Course!
Initiator = Kurang cocok.
Tanker/Semi-Tanker = Sangat tidak cocok!!!


Lane

Hero range apalagi Nukers-disabler bisa main di lane manapun.

SOLO: Langsung beli bottle, lakukan creep blocking, last hit dan deny, pasang ward di sekitar lane mid, ambil PU setiap kali muncul, gunakan Cask kalau kamu di bokong, gunakan juga Cask dan Maledict untuk nyicil atau push.

DUAL: Selane dengan carry atau Nukers, lakukan creepblocking kalau main di lane atas (sentinel) atau bawah (scourge), fokus ke Deny aj, tetap lakukan nuking, dan kalau berhasil membuat HP musuh kuning langsung dimajuin aj.


Roaming?

Sangat dianjurkan untuk hero yang punya stun, tapi lebih mantap lagi kalau bisa mencapai level 6 dengan cepat. roaming menghambat pertumbuhan Level loh ;)


Photobucket


Paralyzing Casks


Skill ini adalah skill ‘kunci’ untuk voljin, karena akan membantumu menggunakan skill-skill yang lain. Skill stun yang sangat dibenci orang karena bisa ngestun banyak hero sekaligus di area kecil, kamu bisa membunuh semua hero dengan DW dan Maledict dengan bantuan skill ini.


Range..
Casting range cask cukup jauh yaitu 700 range, dan jarak ‘bounce’ (pantulan) yang bisa ditempuh cask adalah 600 range. Cask memantul secara ‘random’ ke musuh lain di jarak Bounce nya itu, dan kalau digunakan ke satu musuh saja cask tidak akan memantul. Lihat jarak rangenya..

Spoiler Screenshot



Photobucket


Jarak pantulannya yang 600 range, tinggal dikurangi dikit aj.. jadi sangat luas kok ^^


Durasi..
1 detik setun untuk hero dan 5 detik stun untuk creep.


Damage..
Damage untuk creep 150 sedangkan untuk hero hanya 50 damage di semua level. Jadi sangat berguna juga saat farming,ngutan dan push/defense.


Mana cost dan Cooldown..
Mana cost sangat mahal (bahkan di level 1), jangan ngespam sebelum kamu memiliki bottle, meski cooldownnya cukup singkat.


Voodoo Restoration


Salah satu skill Heal paling mantap, bisa ngeheal secepat regen fountain. Tapi manacostnya sangat mahal, dan semakin lama kamu menggunakannya semakin banyak mana yang keluar.

Untuk mengaktifkannya diperlukan Manacost sebanyak 25/50/75/100 di level 1/2/3/4, kemudian ada follow up mana cost (mana per detik) yaitu sebanyak 6/9/12/15 Mana perdetik.

Untuk ngespam skill ini (mengaktifkannya terus) kamu harus memiliki satu item regen mana yang tinggi, misalnya Bloodstone, orchid, guinsoo, atau Eul.

Spoiler Screenshot



Photobucket


Maledict


maledict adalah skill mu yang akan menghasilkan ratusan bahkan ribuan damage untuk menyicil atau membunuh Musuh. Semua damage yang kamu hasilkan ke musuh akan dikumpulkan menjadi damage skill ini. skill ini adalah bagian terpenting memainkan Vol'jin.


Casting range..
SANGAT KECIL dan cukup sulit untuk membuat target kena apalagi kalau jumlahnya banyak dan terpaut jarak yang jauh. Lihat AoEnya..

Spoiler Screenshot



Photobucket


Kamu harus berhati-hati menggunakannya karena cooldown cukup lama (35 detik) dan Mana cost mahal, salah sedikit kamu bisa rugi banyak.

Teknik menggunakannya yang benar sama seperti menggunakan stunnya Lina dan leshrac atau Earthbind nya meepo, yaitu untuk musuh yang bergerak pasang di depan target (sekitar 300-500 range) karena delay animasi skill ini juga cukup lama.

Bahkan kalau berhasil kena, itu belum cukup, kamu harus CEPAT menyerangnya lagi (dengan cara apapun) sebelum ledakan pertama ( 4 detik pertama) karena banyaknya total damage maledictmu sangat ditentukan dari damage yang kamu hasilkan pada 'ledakan' pertama.

Efek skill ini amat sangat MEMATIKAN!! Selama 12 detik durasi akan terjadi 3 kali ‘ledakan’. Semua damage yang diterima target akan dihitung untuk damage ‘ledakan’ Maledict selanjutnya, artinya damage dari ‘ledakan’ maledict juga dihitung sebagai damage untuk ‘ledakan’ Maledict selanjutnya! Mungkin ini sulit dimengerti (bagi nubie) tapi silahkan dicoba aj, dan kalau sudah mengerti, sy jamin pasti juga kamu akan kecanduan dengan efek mengerikan skill ini ^^


Perhitungan Damage Maledict..
Selama 12 detik durasi Maledict target akan menerima DoT, dan 3 kali 'ledakan' magical yang damagenya berdasarkan selisih sisa HP sebelum ledakan dengan total HP saat terkena Maledict.
10/20/30/40 damage Tiap 100 HP berkurang sama saja dengan 0,1/0,2/0,3/0,4. Karena berdasarkan perbedaan HP jadi segala jenis Heal atau HP regen adalah counter untuk skill ini.


Rumusnya seperti ini..
Damage 'ledakan' = ( HP saat terkena Maledict - sisa HP sebelum 'ledakan' ) X 0,4 (tergantung level)

Contoh:
Target terkena Maledict level 4, dan sebagai Damage 'Awal', sy menghasilkan 300 Damage ke target (telah dikurangi resistance dan Armor). DoT nya 20 /detik, setelah dikurangi resistance menjadi 15 damage/detik.

Detik 1 -> 15 dmg + 300 = 315
Detik 2 -> 15 dmg + 315 = 330
Detik 3 -> 15 dmg + 330 = 345
Detik 4 -> 15 dmg + (o,4 X 345) = 463,5 [ledakan Pertama]
Detik 5 -> 15 dmg + 463,5 = 478,5
Detik 6 -> 15 dmg + 478,5 = 493,5
Detik 7 -> 15 dmg + 493,5 = 508,5
Detik 8 -> 15 dmg + (0.4 x 508,5) = 676 [Ledakan Kedua]
Detik 9 -> 15 dmg + 676 = 691
Detik 10 -> 15 dmg + 691 = 706
Detik 11 -> 15 dmg + 706 = 721
Detik 12 -> 15 dmg + (0,4 x 721) = 947,8 [Ledakan terakhir]


wew, hanya dengan 300 damage sebelum ledakan pertama kamu bisa mengurangi HP target sebanyak 947,8 !! (telah dikurangi resistance). Jadi jelas, cara mengcounter skill ini sebenarnya adalah dengan ngeheal sebanyak mungkin sebelum ledakan pertama.


Lihat contoh melalui SS..
Spoiler Screenshot




Photobucket

Snip terkena Maledict. Dia terkena damage maledict untuk ledakan pertama (telah dikurangi resistance). Itu adalah bonus damage ledakan pertama yang dihitung berdasarkan 100 HP yang berkurang, kalau angkanya 52 berarti HP yang telah berkurang selama terkena sudah lebih dari 100 HP. Lalu lihat damage yang diterimanya pada ledakan berikutnya..

Photobucket

Damage itu berdasarkan total damage dari maledict sebelumnya (52) ditambah DoT skill ini. berarti saat itu Snip telah kehilangan lebih dari 200 HP. Lihat berikutnya lagi.


Photobucket

132 bonus damage berarti snip telah kehilangan lebih dari 300 HP sebelum ‘ledakan’ terakhir, dan membunuhnya. Tp Ini hanya damage yang dihasilkan dengan beberapa hit + DoT Maledict aj loh.., bisa dibayangkan berapa damage yang akan dihasilkan kalau pada 4 detik pertama kamu sudah membuat target kehilangan 1000 HP!!!!...


Keunggulan lainnya adalah Maledict termasuk dari negatif buff yang tidak bisa diremove oleh DEBUFF mapapun.


Early Game Summary
- Solo atau Dual lane tergantung kondisi. Voljin bisa di lane manapun.
- Kalau jadi babysitter, support carry mu jangan sampai dia mati.
- Jangan Roaming dulu, bertahan di lane sampai Maledictmu mentok.
- Beli Bottle dan wand, kamu akan membutuhkannya selama proses ngebokong nantinya.





MID GAME




ITEM

Arcane Boots


Sumber utama potensi Nukemu. Unlimited Regen Voodo juga bisa kalau punya sepatu ini.


BLACK KING BAR


Item Core utama hero channeller, Tidak ada yang paling dibutuhkan channeler selain SPELL IMMUNE. Tanpa item ini, sama aj kamu tidak punya Ulti.






STRATEGY

Mid game dimulai kalau kamu mulai fokus ke BKB. pada tahap ini kamu akan sering melakukan Bokongan dan menggunakan Ulti.

Di Mid game, voljin harusnya ngeGank. Jangan sering-sering kelihatan di mini map, maksudnya pastikan untuk selalu tersembunyi di FoW (hutan,dan sebagainya) dan hanya ‘muncul’ saat ngebokong aj.

Kontrol PU, pasang ward di kedua area PU dan setiap kali PU INVISIBLE yang muncul kamu harus mendapatkannya. Bagi Vol’jin, Invisible juga sangat penting, bisa memasang Maledict dan menggunakan Death Ward dengan aman.Tapi Tetap Waspada dengan True Sight!

Bawa TP, jadi kalau temanmu dibokong langsung Tele ke tower terdekat apapun yang terjadi. Cask dan Voodoo sangat berguna untuk mengcounter bokongan, aktifkan voodoo untuk mengisi HP temanmu itu.


DEATH WARD!


Okay, siapa yang tidak kenal spell ini? sudah berapa Doble, triple, ultra, rampage yang pernah dihasilkan dari spell ini. Ulti area Nuke yang sangat mematikan, di level 3 menyerang 2 target sekaligus, dan kalau diimprove dengan Aghanim minimal kamu bisa mendapatkan Tripel Kill di mid game ^^

Terdengar sangat berbahaya memang, tapi seperti yang kita tahu Tidak ada hero yang ‘spesial’ di mata Icefrog. Death Ward adalah Channeling spell, yang merupakan spell yang paling mudah di counter. Jadi ketergantungan dengan BKB itu sangat tinggi.

Sebaiknya kamu tahu, betapa mudahnya skill ini di counter, semudah menggagalkan fiends grip atau Freezing field. semua musuh akan menunggu dan berusaha menggagalkan channelingmu. Apalagi kamu akan menggunakannya di TENGAH-TENGAH musuh, area yang sangat berbahaya. Tanpa keberanian, kamu tidak mungkin menikmati skill ini.


Attack range ward..
Spoiler Screenshot



Photobucket

Yap, luasnya hampir Full screen..


Death ward hanya menyerang Hero musuh. Menyerang denga interval 0,3 detik, artinya selama 8 detik death ward akan mengeluarkan 26 tembakan yang masing-masing menghasilkan 150 chaos Damage. Wew.... 4000 damage!! Death ward adalah penghasil damage Maledict terbanyak darimu.


BKB – Death Ward

->

BKB adalah item yang paling penting untuk channeler. Kalau diaktifkan akan membuatmu SPELL IMMUNE selama 5-10 detik. Spell immune (avatar) maksudnya KEBAL dengan sebagian besar spell dan Magical Damage, dan kamu akan terlihat ‘membesar’ selama durasi.

Aktifkan BKB duluan sebelum memasang DW, karena kalau sebaliknya BKB akan meremove DW.



Death Ward – Lothar

->

Sebaliknya, kalau membeli lothar pasang DW dulu sebelum mengaktifkan WW, kalau sebaliknya memasang DW akan mengehentikan WW.

Sebenarnya status WW tidak kalah dari Avatar, itu karena ada banyak spell yang bisa menghentikan channeling saat sedang status Avatar tapi tidak mempan untuk Invisible, misalnya Fiend’s Grip, dismember, overgrowth,dll.

Sayangnya, mengcounter Invisible lebih gampang dari Avatar. Cukup dengan 50 gold untuk membeli Dust ^^ , jadi perhitungkan baik-baik mau beli yang mana.


Spell Combo..

Melawan Non-Disabler

->

Sangat simple, tanpa perlawanan disabler kamu tidak butuh Cask dan BKB. Kamu hanya perlu mendekatinya, muncul dari belakang/FoW dan gunakan Maledict lalu pasang Death ward.

Kalau target mendekat itu malah bagus, dia akan terkena hit lebih banyak. Jangan pernah menghentikan channeling spell kecuali kalau kamu yakin bakal terbunuh. Musuh yang cerdas sudah pasti akan berusaha membunuhmu, jadi Sebaiknya jangan sampai terbunuh, karena meski Maledict juga akhirnya akan membunuh target tapi dia dapat EXP, sementara kamu tidak : (


Melawan Disabler

-> -> ->

Ngebokong disabler itu tidak mudah, malah beresiko. Kamu menghadapi hero yang punya kemampuan untuk menggagalkan channelingmu dengan mudah. Kali ini kamu butuh stun dan BKB supaya target tidak punya kesempatan untuk menggagalkan channelingmu.

Pertama maju ke target dan langsung gunakan Maledict. Tenang aj, dia tidak akan menggunakan disablenya SEBELUM kamu memasang Death ward. Tapi kalau disable target cast rangenya jauh, mending lempar cask duluan.

Kalau Berhasil Maledict, lemparkan Cask, aktifkan BKB dan langsung pasang DW. Lalu tinggal menunggu sampai target tewas.


Mid Game Summary
- Ngebokong
- Farming. Kumpul Gold untuk beli BKB
- bantai carry lawan, jangan sampai jadi.
- Push, bobol Base, kalau perlu jangan main late.






LATE GAME



ITEM

AGHANIM’S SCEPTER


Death ward adalah WARD yang paling ditakuti, dan potensi terbesar ward itu dikunci oleh Aghanim’s Scepter. Jadi Setelah membeli ini, berarti kamu telah memiliki death ward yang benar-benar DEATH ward! 150 chaos damage setiap 0,3 detik dan menyerang TIGA target hero sekaligus!!


ALTERNATIVE

BRACER


Null atau bracer tergantung dari situasimu di early game. Kalau melawan musuh yang agresif apalagi Nukers/stunners mending beli item ini, atau beli keduanya (Null & Bracer)


EMPTY BOTTLE


Voljin punya empat skill aktif yang Mana costnya banyak, kamu membutuhkan ini selama ngebokong. Isi denganl PU kalau Bottlenya sudah kosong.


PHASE BOOTS


Tambahan Damage dari sepatu ini juga menambah damage Maledict dari Attackmu. Phasenya juga sangat berguna untuk kabur atau mengejar Range Cask. Beli ini kalau Kalian sudah punya cukup Pusher.


LOTHAR’S EDGE


Ini alternatif BKB. Wew, nyambung dimana BKB dan lothar? Tujuannya sama, yaitu membuat nyaman melakukan channeling, tapi BKB dengan spell immune sementara lothar melakukan channeling saat invisible. Kenapa ini altenatif aj? Karena Invisible mudah di counter.

Hal Yang penting kamu ingat adalah pasang Death ward dulu SEBELUM mengaktifkan lothar, karena kalau sebaliknya windwalkmu akan terhenti saat memasang DW.


KHADGAR PIPE OF INSIGHT


Alternatif BKB juga. Sebaiknya beli kalau musuhmu banyak nukers atau yang nyerang dengan magical damage, juga sangat berguna untuk ngeblock spell saat melakukan channeling.


LUXURY

Mekans


Full support, tambah heal area lagi.


BOOTS OF TRAVEL


Damage dan stun Cask untuk creep sangat tinggi,kamu punya potensi Push dan Defense, Upgrade sepatumu!


KELEN’S DAGGER


Range maledict cukup pendek yaitu 400, dan areanya kecil (165 AoE). Kamu butuh ini untuk membantu ‘mencuri’ jarak ke target. Kenapa ini bukan core? Kamu dilengkapi stun cask yang casting rangenya 700 :D



DAGON


Mungkin diantara kalian ada yang pernah dibacot gini “Vol’jin cacad, ga beli dagon!”. Itu wajar aj, karena dagon memang adalah ITEM penghasil damage Nuke terbesar di DotA, dan sangat sempurna untuk memicu damage Maledict. Tapi Dagon bukan core, harganya hampir sama dengan BKB dan membeli aghanims lebih menguntungkan daripada mengupgrade dagon, bahkan untuk Maledict death ward masih lebih unggul, meski butuh ‘waktu’ (tidak instant) tapi itu gratis.


GUINSOO SCHYTE OF VYSE


Beli ini kalau kalian kekurangan disabler, hex sangat membantumu menghasilkan damage death ward lebih banyak. Jangan lupa juga dengan mana regennya, potensi support Heal Vol’jin juga ada pada Item Mana regen.


EUL SCEPTER OF DIVINITY


AoE Maledict sangat kecil, disable item ini (cyclone) akan membantu. Item mana regen juga.


LINKEN’S SPHERE


BKB jauh lebih baik. Tapi kalau punya cukup gold, boleh kamu tambah dengan item ini untuk mengcounter musuh yang punya spell bertarget MENEMBUS spell immune (doom,dismember,fiend grip,dll) yang bisa menggagalkan channeling.


SHIVA’S GUARD


Arctic blast sangat sinergi dengan death ward utnuk menambah lagi damage Maledict. Kamu bisa menggunakan Arctic nya saat melakukan channeling.


FORCE STAFF


Asal bisa menggunakanya dengan benar, item ini akan membantumu mencuri jarak, atau menjebak target ke area DW.



Jangan Beli ini!

ITEM DPS/ITEM ORB/BASH/LIFESTEAL/CRITICAL/IAS


Kamu tidak butuh semua ini..


ITEM TANKER


Kamu punya heal area loh!






STRATEGY

Late game dimulai saat situasi mulai terasa berubah. Aktifitas farming hampir sudah tidak pernah terlihat lagi. Musuh-musuh sering jalan bersama, ngebokong, push, dan defense juga bersama-sama.

Saat ini harusnya kamu telah memiliki BKB, karena tidak ada late untuk voljin tanpa BKB. Setelah itu beli item-item support atau mana regen tergantung dari kondisi Tim mu. Supaya kamu punya Mana melimpah, dan bisa ngespam Voodoo restoration, skill yang HARUS selalu aktif saat war.

Hampir Semua Damage spell-spellmu bersifat magical, efeknya tidak akan terasa se-sakit saat 15 menit pertama battle. Damagenya memang sama, cuman HP musuh yang semakin tebal atau mungkin membawa item resistance/ spell immune. Jadi kali ini kamu benar-benar membutuhkan efek Maledict untuk bisa Nuking, jangan pernah gagal menggunakannya.


War!

Peranmu tidak berubah, yaitu Nuker-disabler.
War adalah situasi terburuk untuk channeler seperti Vol’jin. ngebokong 1 atau 2 hero aj DW sangat mudah di counter, apalagi saat war, menghadapai 5 hero yang akan berusaha menghentikanmu.


Di late game sebelum BIG War ada beberapa hal yang perlu kamu analisa terlebih dahulu..

Pertama, Analisa musuhmu,

kenali siapa yang kalian hadapi dengan mengecek status (item) mereka. Diantaranya:

- Apakah musuh membawa BKB?
- Atau ada yang punya Silence?
- Apa ada yang punya channelling berbahya?
- Apakah musuh memiliki lothar atau punya blink?
- Apakah carry musuh sudah ‘jadi’?
- Apa ada musuh yang bisa ‘menembus’ spell immune?


Dari semua pertimbangan itu, kamu harus menemukan solusi “bagaimana cara mengcounternya?”. Musuh yang membawa BKB akan kebal dengan hampir seluruh Spell-spellmu, musuh yang punya channeling berbahaya menjadi fokus Cask dan akan menunda penggunaan DW,musuh yang membawa lothar bisa lolos dari Cask maupun DW kapanpun dia mau, Carry yang jadi bisa membunuhmu dalam sekejap meski BKB aktif, dan musuh yang memiliki kemampuan menembus spell immune adalah mimpi burukmu.

Pikirkan baik-baik, apa kamu sanggup mengcounter semua itu sendiri? Tidak donk, kamu butuh semua teman seburuk apapun kondisi tim mu, jadi jangan belagu, egois dan jangan pernah membuat temanmu down.


Kedua, nalisa kondisi tim mu.

- Apa ada yang bisa mengcounter carry musuh?
- Apa ada yang bisa mengcounter invisible?
- Apa tanker kalian sudah tebal?
- Apa yang support telah membeli item support?
- Apa carry kalian sudah jadi?


pastikan semuanya telah ‘siap’ untuk menjalankan perannya masing-masing, karena kalian tidak akan mungkin menaklukkan late game war tanpa Tim yang kompak!!!


Terakhir, analisa Voljinmu sendiri.

- Apa kamu sudah punya BKB?
- Apa skill-skillmu sedang cooldown?
- Apa HP mu masih banyak?
- apa Manamu cukup banyak untuk ngespam Voodoo?
- Apa kamu punya mana cukup untuk cask,maledict, bkb, dan deathward?


Semua itu harus kamu perhitungkan sebelum war. memang sih, pemakai channeler juga harus punya modal BERANI atau NEKAT mengambil resiko, tapi modal nekat aj sama saja tidak berguna.


Kalau semua sudah terpenuhi kemungkinan besar kalian akan SUKSES di war. Begini skenarionya...

- Tunggu sampai Initiator membuka war.

- Aktifkan , lalu masuk ke area war, jangan Telat! Lalu Pasang selagi sempat.

- musuhmu punya channeling? tunggu sampai dia menggunakannya, lalu lemparkan cask. Tapi kalau kalian punya disabler lain kamu bisa langsung ke langkah selanjutnya.

- Lemparkan , lalu cari posisi yang baik di tengah-tengah musuh.....

- Aktifkan !!

- Pasang !!! ‘clup’ ---thar—thar—thar—thar....

- Apapun yang terjadi jangan menggagalkan channeling kecuali kalau kamu dibunuh, musuhnya sudah ‘habis’ atau dihentikan oleh anti spell immune.Usahakan dapat damage sebanyak mungkin.

- Jangan meng-off kan Voodoo restoration sebelum war selesai.


Okeh, skenariomu memang seperti itu, melakukan nuking, counter channler, dan ngesupport tim dengan Heal Area Voodoo. Kalau kalian kalah war, gunakan cask untuk membantu kabur. Dan kalau menang langsung Maju aj tembus basenya :)


Late Game Summary
- Tetap kumpulkan Gold untuk membeli item support/mana regen.
- Di war, tugasmu adalah Nuking, menyicil HP musuh dengan menggunakan skill-skill.
- Support Heal teman-temanmu saat war, aktifkan Voodoo.
- Selalu ikut Push/defense. Cask dibutuhkan!
- Hancurkan World Tree/Frozen Throne.





FRIENDS


DOT (Damage Over Time)


Jadi meski kalian tidak sempat menyerang target setelah Maledict, spell DoT mereka yang akan membantu menghasilkan damage, apalagi DOOM.


NUKERS


Nukers adalah penghasil damage terbaik di early game. Damage Maledictmu menjadi SANGAT mematikan kalau ada mereka.


SUCKER


Hero-hero ini memiliki kemampuan ‘menyedot’ semua musuh (dalam AoE) ke satu titik. Itu akan mempermudah penggunaan Maledict :)


CARRY / KILLERS


Dan yang bisa menghasilkan damage sangat banyak dengan CEPAT! Empat detik cukup untuk menghasilkan ratusan atau bahkan ribuan damage Maledict.


LICH


Cask stun yang yang paling dibutuhkan Lich untuk chain frost.


TECHIES


Siapa lagi yang punya durasi stun area paling lama? ENAM detik stun di area Death Ward??? FTW!


SUPPORT INVISIBLE


Kamu ga butuh Lothar lagi..


SUPPORT SPELL IMMUNE


Kamu ga butuh BKB lagi


SUPPORT SILENCER


Nah ini yang paling membuat channeler nyaman. :)


ARMOR / RESISTANCE REDUCER


Best partner untuk hero yang nyerang magical dan Physical damage : )


Huskar


Life break otomatis akan membuat target maledict terbunuh!




ENEMIES

BLINKERS


Meski berhasil berhasil menggunakan Maledict, mereka tetap bisa blink menjauh dan tidak terkena damage. Sama aj kalau menggunakan ulti, mereka bisa keluar dari AoE DW dengan sangat cepat.


ANTI SPELL IMMUNE


Mereka masalah besar buatmu, memiliki spell yang menembus spell immune atau ‘menggerakkan’ posisi saat channeling. Jadi bagi mereka spell immune bukan masalah. Spell itu antara lain, Berserker call, dismember,fiend’s grip, doom, overgrowth, nether swap, toss, chronosphere, earthbind, greater bash, primal roar, reaper schyte, reverse polarity, ensnare, Echo slam, Blackhole, blind light, dan Vacuum. Tapi damage semua spell-spell itu tetap di Block.


NORTHROM


Hero ini sagat merugikan untuk spell caster, karena setiap kamu menggunakan spell akan diselingi jeda selama 3 detik (Last Word)


PANDAREN


Kamu TIDAK MUNGKIN membunuh Panda dengan Maledict. Primal split memang tidak bisa meremove efek Maledict, tapi saat membelah diri itu DoT Maledict tidak akan bekerja, sebaliknya Regeneration panda yang akan bekerja, itu berarti Damage Maledict bukannya bertambah tapi malah berkurang.


SPELL IMMUNE


Untuk hero yang punya spell Magical damage, Hero spell immune sangat merugikan. Mereka memang tidak bisa meremove efek maledict, tapi sama aj karena damagenya di block oleh spell immune.


TERORBLADE


SUnder... dan damage Maledict menjadi NOL.



Nerubian Weaver
(Credit: Leonardo Gunawan)


Time Lapse meski tidak meremove Maledit, tapi kalau 5 detik sebelumnya HP masih hijau.. damage Maledict juga bisa NOL..


HUSKAR


Inner Vitality termasuk skill yang nantinya akan membuatmu frustasi. Skill heal huskar itu ngeheal berdasarkan stat kalau HP nya di bawah 40%. Kalau dia menggunakannya saat terkena Maledict dengan HP dibawah 40%, yang terjadi adalah regen inner vitality menjadi sangat cepat dan karena damage maledict berdasarkan HP huskar yang telah berkurang, artinya Damage maledictmu juga akan berkurang seiring bertambahnya HP huskar, bahkan bisa membuat damage Maledictmu menjadi NOL! wew..


ABADDON


Babysitter ini adalah counter terbaik untuk Voljin. Dia memiliki semua hal yang paling kamu benci, Deny diri sendiri dengan Coil, ngeblock damage dengan Aphotic (tapi tidak diremove), bahkan Maledict atau DW bisa membuat HP nya kembali Full dengan instant!! (borrowed) ^^




CLOSING

Di bagian ini kita akan menyimpulkan Vol’jin secara keseluruhan.

- Sebagai pemakai vol’jin tugasmu adalah berusaha sebaik mungkin Menyicil HP musuh-musuh dengan kemampuan nuking yang kamu miliki.
- Support seluruh temanmu dengan Heal Area. Beli item regen mana di late supaya kamu tidak menyianyiakan potensi healnya untuk tim mu.
- Membunuh adalah Prioritas kesekian bagi Vol’jin, bukan tugas utamamu.
- Jangan pernah kecewa kalau score/ itemmu buruk, itu wajar kok :)
- Spell immune adalah yang paling kamu butuhkan saat war.
- Build Voljinmu menjadi Nukers (spell caster)-Support, supaya tim musuh tahu kalau kalian memiliki WITCH DOCTOR!! : )


*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.

Terima Kasih :)

0 Bacot'ers:

Posting Komentar

Template by:

 

Ente pada suka ini ?
Follow @dikutip