INTRO
Di DotA, memang berlaku hukum rimba, tapi hukum rimba tidak selamanya berpihak pada yang terkuat, tetapi juga kepada yang cerdas. Harbinger adalah hero yang memiliki potensi INT yang sangat luar biasa, dia sangat bergantung dengan INT, karena itu dia di build hanya untuk INT.
Hero ini juga menjadi counter terbaik untuk hero yang INT nya buruk (idiot). Jadi yang merasa idiot, jangan coba-coba menampakkan muka di depannya, karena semakin idiotnya kamu, semakin mematikan dia untukmu.
Dia adalah hero yang sangat ‘Jenius’, (Einsteinnya DotA.. XD). Jangan meremehkan ‘otak’ hero ini, dia telah membuka mata dunia, kalau jenius itu tidak hanya ‘cerdas’, tapi mereka juga bisa LICIK, dan Mematikan!! Karena itu, dia ada.... untuk memberantas kebodohan (INT buruk), haha..
Spoiler Statistik Hero
Keunggulan dan Kelemahan
KEUNGGULAN
- Pengontrol lane yang sangat baik
- Stats dan pertumbuhannya sangat tinggi
- AGI termasuk sangat tinggi untuk hero INT
- Orbwalker dengan PURE damage yang mematikan.
- Mengurangi kecerdasan musuhnya (INT)
- Base Attack damage tertinggi untuk hero range (64 )
KELEMAHAN
- Bergantung dengan INT
- Bergantung dengan item
- Itemnya dibatasi (punya skill orb + buff placer)
- Attack range pendek
- Mudah dibunuh.
SKILL
Arcane Orb
Gives the Destroyer extra power to damage his enemies based on his remaining mana pool. Damage type is pure.
Level 1 - Deals 6% of your current remaining mana. Deals 100 bonus damage to illusions and summoned units.
Level 2 - Deals 7% of your current remaining mana. Deals 200 bonus damage to illusions and summoned units.
Level 3 - Deals 8% of your current remaining mana. Deals 300 bonus damage to illusions and summoned units.
Level 4 - Deals 9% of your current remaining mana. Deals 400 bonus damage to illusions and summoned units.
Casting range: 450
Mana Cost: 100
Cooldown: 6/4/2/0
- Orb effect skill dengan PURE damage berdasarkan sisa manamu. Skill yang membuat harbringer dikenal sangat mematikan sampai late.
- Kelihatannya memang seperti skill yang biasa-biasa saja, tapi skill ini termasuk salah satu skill non-ulti terbaik, satu dari skill yang orang-orang bilang ‘Imba’. o_O
- kalau dikombinasikan dengan EA aj, kamu bisa menghasilkan kurang lebih 300 PURE damage di level 16, dan lebih dari 500 PURE damage di level 25!! Ckcckkc..
- Damagenya dihitung dari sisa mana setelah dipotong mana cost skill ini.
- TIDAK STACK dengan item orb dan buff placer (termasuk skadi,deslator)
Astral Imprisonment
Teleports a target allied or enemy hero into an astral prison. The hero remains separated from the real world for the duration of the spell. If cast on an enemy, Harbinger steals intelligence from the target. Intelligence is restored to the hero after 60 seconds.
Level 1 - Banished for 1 second. 2 Int exchange.
Level 2 - Banished for 2 second. 4 Int exchange.
Level 3 - Banished for 3 second. 6 Int exchange.
Level 4 - Banished for 4 second. 8 Int exchange.
Casting range: 550
Mana Cost: 120/140/160/180
Cooldown: 18/16/14/12
- skill disable yang paling serba guna di dota. Disable, untuk kabur, menggagalkan channeling spell, menambah attack damage, pure damage arcane orb, dan damage ulti (memperbesar selisih INT), semi-mana drain (mengurangi kapasitas mana target), mengurangi attack damage untuk target tipe INT.
- Kalau digunakan ke teman/diri sendiri, tidak mencuri INT nya, dan tidak menghilangkan vision sight (1800 day /800 night)
- Musuh yang terkena akan ‘invulnerable’ dan kehilangan vision nya.
- 60 detik durasi untuk 12 detik cooldown, artinya kamu bisa mencuri 40 INT dalam satu waktu (level 4), sangat berguna di early.
Essence Aura
Whenever a nearby allied hero casts a spell, it has a chance to restore a portion of its mana pool. Passively adds to the Destroyer's base mana pool.
Level 1 - 10% chance to restore. Increases base mana by 75.
Level 2 - 20% chance to restore. Increases base mana by 150.
Level 3 - 30% chance to restore. Increases base mana by 225.
Level 4 - 40% chance to restore. Increases base mana by 300.
Area of Effect: 1000
- skill pasif yang bisa mengembalikan mana teman-temanmu saat menggunakan spell. Skill ini juga menambah kapasitas mana mu.
- 10%/20%/30%/40% chance berlaku Kalau Arcane orb digunakan manual.
- Kalau Arcane orb di autcast, chance nya berkurang menjadi 5%/10%/15%/20%
- Beberapa skill yang tidak ada cooldown tidak bisa mengaktifkan skill ini,seperti Ball lightning (raijin), voodoo restoration (voljin).
Sanity’s Eclipse
The Obsidian Destroyer unleashes his full potential; his mind unleashes a psionic storm able to penetrate lesser minds with terminal force, dealing massive damage to them. More crafty minds are able to resist most of the damage, but they expend most of their energies to do so, losing 75% of their mana. Heroes with more intelligence than the Destroyer are unaffected.
Level 1 - Deals damage equal to 8x (9x*) the difference between the heroes intelligence and Destroyer's intelligence.
Level 2 - Deals damage equal to 9x (10x*) the difference between the heroes intelligence and Destroyer's intelligence.
Level 3 - Deals damage equal to 10x (11x*) the difference between the heroes intelligence and Destroyer's intelligence.
Casting range: 600/650/700
Area of Effect: 375
Mana Cost: 175/250/325
Cooldown: 160
(*dengan aghanim scepter)
- Skill yang amat sangat mematikan untuk hero yang INT nya sangat buruk (sebagian besar tipe STR dan AGI)
- Skill yang membuat semua orang tidak lagi meremehkan INTELLIGENCE di late
- Efek skill ini juga berpengaruh ke hero yang sedang terkena Astral Imprisonment
- Efek skill ini juga tidak berpengaruh untuk hero yang INT nya lebih tinggi dari Harbringer.
- Kalau damage yang diterima target kurang dari 80/270/500 (di level 1/2/3 ), dia akan kehilangan 75% mana dari sisa mananya.
- Bisa diupgrade dengan aghanim scepter, (lihat *)
- Tipe damage magical, dikurangi resistance dan di block oleh spelll immune.
SKILL BUILD
1. Astral Imprisonment2. Essence Aura
3. Astral Imprisonment4. Essence Aura
5. Astral Imprisonment6. Sanity`s Eclipse
7. Astral Imprisonment8. Essence Aura
9. Essence Aura
10. Arcane Orb11. Sanity`s Eclipse
12. Arcane Orb
13. Arcane Orb
14. Arcane Orb
15. Stats16. Sanity`s Eclipse
17. Stats
18. Stats
19. Stats
20. Stats
21. Stats
22. Stats
23. Stats
24. Stats
25. Stats
1. Astral Imprisonment2. Essence Aura
3. Astral Imprisonment4. Essence Aura
5. Astral Imprisonment6. Sanity`s Eclipse
7. Astral Imprisonment8. Essence Aura
9. Essence Aura
10. Arcane Orb11. Sanity`s Eclipse
12. Arcane Orb
13. Arcane Orb
14. Arcane Orb
15. Stats16. Sanity`s Eclipse
17. Stats
18. Stats
19. Stats
20. Stats
21. Stats
22. Stats
23. Stats
24. Stats
25. Stats
Ini bukan build support, tapi memang seperti inilah build Harbringer yang benar. Astral Improsinment adalah modal mu di lane, menambah Attack damage mu untuk ngelast hit, sekaligus mencounter nukers yang memiliki kapasitas Mana yang banyak. Disable skill itu juga banyak gunanya, sebagai pertahanan saat dibokong, atau untuk menyelamatkan temanmu.
Essence aura adalah skill support yang berefek area, skill itu sangat membantumu dan juga temanmu di early, terutama yang nukers, agar spell mereka semakin aktif.
Arcane Orb tidak berguna di early game, mana costnya mahal, kamu tidak akan punya cukup mana untuk menggunakannya lebih dari 4 kali, selain itu damage yang kamu hasilkan juga masih sangat sedikit alias rugi, ambil skill itu setelah skill lain mentok.
Sanity’s Eclipse ambil kapanpun bisa, terutama kalau musuhmu banyak STR /AGI. Tapi kalau musuhmu banyak INT (atau yang punya INT banyak) sebaiknya ambil 1 level saja.
Item Build dan Gameplay
EARLY GAME
ITEM
Item Awal
Karena kamu hero lane, jadi item awalmu adalah item regen HP seperti Tango, salve, dan item yang menambah Kapasitas seperti circlet, Mantle of Intelligence, dan branch. Untuk battle yang lebih serius, sebaiknya kamu yang membeli Ayam.
Item Core
NULL TALISMAN
Apapun yang menambah Kapasitas Manamu atau INT baik untukmu. Beli 2 atau 3 tergantung hasil farmingmu di early.
BOOTS OF SPEED
Item wajib untuk semua hero.
Drafting..
Jangan Pick Harbinger
1. Kalau lawan kalian banyak yang pick hero-hero INT.
2. Tim Kalian sedang membutuhkan pertolongan hero support.
3. Lawan kalian banyak warder, mana burners, dan silencers.
4. Anda nubie.
5. Anda malas farming.
Pick Harbinger
1. Kalau lawan kalian banyak yang pick hero Tanker dan sejenisnya.
2. Teman kalian pick banyak hero-hero spammers atau hero yang bergantung dengan mana-nya.
3. Teman kalian butuh killer pure damage.
4. Anda bosan dengan Physicak Damage Dealer.
Peran
Carry/Semi-Carry = Ya iyalah!
Ganker/warder = Tidak!
Nuker/Pusher = Kurang cocok.
Support = Support mana dan disable aj...
Initiator = Secondary..
Tanker/Semi-Tanker = Pastinya bukan yang ini...
Lane
Solo atau dual lane?
Seperti kebanyakan hero range, kamu boleh main di lane manapun, solo atau dual lane. Tapi seperti biasa, hero solo ada prioritasnya dan itu bukan kamu, tapi untuk hero-hero early yang memang sebaiknya memiliki ulti secepatnya sepert doom,tinker,viper,warlock,dll, jadi kalau di tim ada mereka, kamu main dual lane saja.
Partner lane?
Pengontrol lane yang baik sepertimu bisa se-lane dengan siapa saja, melee maupun range. Tapi karena kamu punya essence aura, jadi kusarankan kamu selane dengan spell caster atau spammer seperti zeus, bat rider, lich,dll, supaya skill-skill mereka semakin aktif.
Strategy di lane?
Karena kamu carry, dan tidak punya skill nuke, jadi kamu harus fokus untuk ngelasthit. dapatkan gold secepatnya supaya kamu bisa membeli item2 INT mu lebih cepat.
Kalau musuhmu hero early/nukers/stunner atau siapapun yang berbahaya kalau punya mana, selalu gunakan astral untuknya, karena mencuri INT artinya mengurangi keaktifan spell2 mereka, sekaligus menambah INT mu untuk membantu ngelast hit. Ketahuilah base attack damagemu yang baik ditambah 5 kali Astral bisa menghasilkan 100++ Attack damage di early, jadi manfaatkan itu untuk farming sebaik mungkin.
Roaming?
Sebaiknya tidak..kamu bukan ganker, jadi Bottle tidak akan berguna untukmu.
Ngutan?
Tidak saat ini!
Penggunaan Skill
ASTRAL IMPROSINMENT
Astral adalah Skill early mu, skill ini memiliki sangat banyak kegunaan, karena selain disable juga mencuri INT targetmu.
Skill ini sangat berguna di early game, karena dengan mencuri INT, ngelast hit/deny akan semakin mudah, sekaligus mengurangi atau bahkan MENGHENTIKAN keaktifan spell2 nukers.
Seperti disable lainnya, Astral improsinment bisa membantumu kabur, ngejar, menghindari bokongan, menyelamatkan temanmu, dan menghentikan channeling spell. Musuh yang disable juga akan memberimu waktu untuk leluasa ngelast hit/deny, dan kamu juga bisa menggunakannya untuk mencegah musuhmu ngelast hit, supaya kamu bisa ngedeny creep itu.
Lihat Attack damage yang bisa kamu hasilkan di early dengan skill ini..
Spoiler Screenshot
Jadi early game mu adalah farming, main lane, dan jangan ikutan roaming.
MID GAME
ITEM
POWER THREADS
Sepatu yang paling pas untukmu, karena sepatu ini satu-satunya yang menambah stats dan AS, semua yang kamu butuhkan lebih dari sepatu lainnya.
Rod of Atos
Murah untuk mendapatkan INT yang tinggi dan efek slow untuk membantu orb walking.
Semua pasti sudah tahu, strategy carry untuk mid game? yap, Creeping.
Ketahuilah kalau Creeping di mid game tidak lah semudah di early bagi hero carry. Nah karena itu, kalau kita Bicara soal carry di Mid game artinya kita membicarakan soal Teamwork!, karena pada proses inilah jiwa teamwork tim kalian akan diuji.
Okay, Tim yang baik sudah pasti akan bersungguh-sungguh ngesupport carry nya. babysitter akan selalu ada di sampingmu,paling tidak stand by selalu dengan membawa Scroll of town portal. warder akan memasang ward nya untukmu, vision maupun truesight baik di daerah hutan maupun lane tempatmu creeping. support akan selalu memfasilitasimu courier untuk belanja item, regen HP, Mana, atau bahkan armor. Nukers mungkin akan membantumu nyicil creep, dan ganker tidak akan berhenti mengintai carry musuh, melakukan roaming untuk mencegahmu atau bahkan mengcounter kalau kamu dibokong, semua itu mereka lakukan HANYA UNTUKMU! Tapi kenapa mereka semua mau melakukan itu? Yaa Karena harapan mereka ada di tanganmu boss : )
Dalam situasi apapun, kamu harus tetap fokus creeping. Kalau tim mu Owning, kamu harus creeping. kalau tim mu berhasil mendominasi bokongan, kamu creeping saja. Kalau ada temanmu yang leave, creeping, fokus! Kalau tim mu selalu kalah war, atau bokongan mereka selalu di counter , creeping! Kalau item teman-teman mu suram, kamu tetap creeping. Bahkan kalau markasmu udah ‘ditembus’ pun kamu harus tetap fokus creeping! (bantu sedikit ga apa-apa :p)
Kenapa creeping di mid begitu penting untuk carry? Karena satu-satunya cara supaya bisa owning maupun membalikkan situasi adalah dengan memiliki carry yang ‘jadi’, bukan dengan ikut ngebokong, war, dan bukan juga dengan ikutan defense.
Dan skill yang akan kamu andalkan untuk proses ini adalah skill Orb mu yaitu Arcane Orb. Kali ini kamu akan mulai fokus menggali potensi mengerikan dari Pure damagemu itu, dari hasil creeping. Jadi Jangan sampai mengecewakan pengorbanan teman-temanmu.
Arcane Orb
Karena kamu tidak punya spell area (selain ulti), jadi skill creepingmu adalah Arcane orb. Meski damagenya masih terbilang ‘sedikit’ untuk mid game, tapi pure damage ini satu-satunya skill yang bisa membantumu creeping. Jangan khawatir soal manacostnya, jangan lupa kamu dilengkapi essence aura, jadi manamu ga bakalan kering, meski skill ini kamu spam.
Pure damage artinya damage skill ini murni. Murni dari persentase sisa manamu, artinya damage bersihnya bukan berdasarkan resistance atau armor musuh, tapi berapapun persentase sisa manamu, sebanyak itulah damage yang akan kamu hasilkan, tidak dikurangi apapun. Artinya dalam hal ini, kamu harus selalu memperhatikan sisa manamu untuk penggunaannya.
Essense aura akan membantumu mendapatkan pure damage lebih banyak, karena damage skill ini dihitung setelah dipotong mana costnya (100), jadi kalau essence Auramu aktif, akan menambah Pure damagemu.
Pure damage ini adalah bonus damagemu, artinya masih ditambah lagi dengan base damage mu, jadi damage yang kamu hasilkan adalah : base damage + pure damage. Tapi untuk base damagemu dikurangi Armor target (karena physical). Manfaatan Pure damage itu untuk semakin mempercpat proses creeping.
Skill ini juga ada bonus damagenya untuk ilusi atau unit yang di summon, jadi jangan ragu untuk menggunakannya kalau ilusi/unit itu sudah benar-benar mengganggu, apalagi Tanker yang di replicate Morph, anak-anaknya Anubarak, babinya rexar, atau teddy bearnya sylla.
Sanity’s Eclipse
Spell area yang damagenya berdasarkan selisih INT mu dengan INT target di AoE, yang menjadi alasan kenapa INT sangat penting untukmu, dan kenapa Harbinger menjadi counter terbaik untuk hero yang pertumbuhan INT buruk.
Karena berdasarkan perbedaan INT, jadi sudah pasti tidak ada apa-apanya untuk musuh yang INT nya juga tinggi, sebaliknya sangat mematikan untuk musuh yang INT nya buruk. Tapi Meski begitu, skill ini tetap merugikan untuk hero yang INT nya tinggi, karena kalau damage yang terkena kurang dari 80/270/500 (di level 1/2/3 ), maka hero itu akan kehilangan 75% sisa mananya.
Lihat perbedaan damage Eclipse yang dihasilkan..
Spoiler Screenshot
Area of Effectnya cukup luas yaitu 400/500/600, kamu akan mengetahui luas AoE nya di tanah setelah ngeklik skill ini.
Aturan penting penggunaannya Cuma 1, yaitu gunakan di awal war! Setelah initiator membuka atau gunakan sebagai pembuka war kalau tidak ada initiotor, Sy ga peduli meski dengan alasan kamu carry, butuh gold, mau nyampah, bla-bla-bla..., kamu HARUS menggunakan Sanity’s Eclipse saat war baru saja dimulai, BUKAN saat war tengah berlangsung atau malah digunakan sebagai penghabisan.
Kenapa digunakan di awal war? Seperti penjelasan di atas, skill ini selain bisa mematikan untuk hero Agi / STR yang INT nya buruk, juga sangat merugikan untuk hero nukers/spell caster atau yang memiliki INT tinggi. Dengan menggunakannya di awal war, musuh yang INT nya buruk (Tanker/carry) akan kehilangan banyak HP (Troll dengan 50 INT bahkan bisa terbunuh), dan musuh yang INT nya tinggi (nukers/disabler) akan kehilangan banyak Mana dan menjadi tidak berguna. zeus atau rhasta bisa apa dengan 200 mana??
OWNING!!
Selama Proses creeping, untukmu sendiri ada banyak hal yang harus kamu perhatikan, antara lain mini map, trik juking (sembunyi di pepohonan), map awareness (warding), selalu bawa TP,dll . Kalau sebagian besar musuh tidak terlihat di mini map, sebaiknya kamu mendekati tower atau kembali ke base, atau keluar dari hutan (Kalau ngutan). Hmm.. kalau nubie, Sebaiknya baca dulu guide-guide Carry lainnya untuk nambah referensi seperti (mortred,spectre,troll,naix,dll – mid strategy)
Kamu adalah target utama ganker musuh saat ini, ingat tujuan mereka? Berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah item-item mu jadi. Dan jangan pernah meremehkan Ganker, mereka sangat ‘kuat’ di mid game.
LATE GAME
ITEM
GUINSOO SCHYTE OF VYSE
Item yang menambah stat INT paling banyak adalah Guinsoo. Jadi ini adalah CORE harbinger, tanpa item ini Harbingermu akan terlihat ‘aneh’, serta efek ultimu juga akan payah. Selain itu, disable memang skill yang paling dibutuhkan hero orbwalker, meski kamu telah memiliki disable, tapi disablemu itu tidak bisa untuk mengcounter hero carry.
ALTERNATIVE
BOOTS OF TRAVEL
Kalau kalian tidak memiliki pusher.
LUXURY
SHIVA’S GUARD
Apapun yang menambah stats INT adalah prioritas untukmu. Efeknya adalah minus AS aura (untuk musuh) dan nuke slower area, yang sangat berguna saat war. Beli terutama kalau musuhmu banyak yang physical damage, karena item ini juga menambah Armor mu.
Aghanim's Scepter
Lumayan, selain menambah INT , juga mempersakit damage Ulti :)
ORCHID MALEVOLENCE
INT, damage, dan AS, serta memberimu skill silence-amplify. Meski INT yang ditambahkan tidak sebaik shiva’s, tapi mana regennya sangat kencang. Item ini cocok juga untuk mengcounter blinker/ windwalker, sama seperti guinso.
LINKEN’S SPHERE
Item ini juga menambal INT dan kapasitas Manamu, berguna untuk mengcounter spell-spell bertarget. Jadi tambah ini kalau lawanmu ada disabler atau memiliki skill pencabut nyawa seperti FoD, laguna, Suicide squad,dll.
BLACK KING BAR
Alternatif dari linken, harganya lebih murah tapi item ini tidak memberimu INT seperti linken. Beli ini kalau musuhmu banyak spell caster, spell yang berefek area, atau disabler. Kekurangan item ini dari linken adalah skill ini tidak melindungimu dari spell2 bertarget berbahaya seperti rupture,doom,netherswap.
BLOODSTONE
Lumayan, menambah kapasitas mana juga. Tapi tidak akan terlalu membantu, kecuali kamu telah punya banyak chargenya.
ASSAULT CUIRASS
Kalau telah membeli beberapa item di atas dan masih ada sisa slot. Kamu tidak membutuhkan –armor auranya, karena damage orb mu PURE, tapi item ini akan ngesupport temanmu yang nyerang physical damage.
DAGON
Mana cost dagon tidak sedikit, tapi untuk Harbinger mana cost dagon terbilang sedikit :p , ga begitu kusarankan..
REFRESHER ORB
Sebelumnya perhitungkan dulu, menghabiskan manamu dengan 2 kali sanity’s Eclipse akan membuat pure damagemu menjadi tidak efektif. Kusarankan beli ini hanya kalau musuhmu tidak ada hero INT.
REJECTED ITEMS!!
Arcane Boots
kan ada essense aura?
LOTHAR’S EDGE
Tidak semua orbwalker membutuhkan kemampuan windwalk, harbinger telah memiliki disable (astral) jadi kamu tidak akan mendapat kesulitan untuk ngejar. Jangan membeli item yang tidak akan kamu butuhkan.
ITEM DPS
Meski kamu carry, tapi sumber damagemu berbeda dengan kebanyakan carry. Item DPS ini memberikanmu damage PHYSICAL yang banyak, sementara kamu adalah Monsternya PURE damage. Selain itu kamu tidak memiliki cukup AS untuk mendapatkan efek terbaik dari item-item ini.
ORB EFFECT – BUFF PLACER
Stygian adalah item buff placer, tidak stack dengan Arcane orb, dan corruption sama sekali tidak ada nilanya selama kamu memiliki PURE damage . Sama dengan skadi, meski item itu menambah INT, tapi kamu tidak butuh slownya, begitu pula dengan difusal. Dan untuk item lifesteal, meski PURE damagemu sampai 1000, kamu tidak akan mendapat lifestealnya sedikitpun. Arcane orb TIDAK STACK dengan item orb.
Semakin banyak INT yang telah kamu kumpulkan, semakin mudah kamu creeping. Artinya Goldmu akan semakin cepat menumpuk seiring pertumbuhan INT mu. Lalu gunakan semua gold itu untuk membeli item INT yang mahal.
Harbinger adalah hero late, Jadi jangan pikir karena kamu INT, berarti kamu akan ngesupport di late? tidak! Kamu akan ngeKILL sekarang.. Kamu adalah penghasil PURE damage terbaik di game ini, KERASnya armor maupun TEBALnya resistance tidak akan mempan bagimu, jangan lupakan itu!
Dengan ratusan INT yang telah kamu kumpulkan selama eary-mid game, akan menghasilkan PURE damage Arcane orb yang sangat mematikan, ditambah lagi dari base damagemu yang sangat sakit dari INT mu juga. Selain itu, Efek Ultimu akan semakin mematikan seiring bertambahnya selisih INTmu dengan musuh-musuh mu.
Tapi jangan lupa juga, meski kamu memiliki PURE damage yang sangat patut dibanggakan, tp AS mu tidaklah sebaik hero late lainnya, selain itu kamu tidak dilengkapi skill ketahanan, armor, dan HP yang baik, jadi kamu sangat mudah dibunuh saat war, karena itu perlindungan tanker akan sangat kamu butuhkan, jangan pernah jauh-jauh dari temanmu.
WAR:
Sama seperti carry lainnya tugasmu adalah membunuh!
Skenariomu akan seperti ini:
- Tepat setelah initiator melakukan tugasnya, langsung gunakan Sanity’s Eclipse!, skali lagi... LANGSUNG GUNAKAN! (sy kasi hurup kapital nih :D)
- Gunakan Guinsoo ke disabler atau carry musuh. Lalu gunakan Astral ke musuh yang sedang tidak diserang oleh teman-temanmu.
- Serang salah satu musuh (terdekat) dengan Arcane orb, sebaiknya manual/single cast supaya Essence auranya cepat terpicu.
- Target pertama yang kamu bunuh adalah musuh yang HP nya tersisa paling sedikit, tapi prioritaskan untuk disable mereka,lalu carry, setelah itu baru bunuh yang lainnya.
hanya itu yang perlu kamu ingat saat war di late game. dengan Melakukan semua itu akan mempermudah tim mu owning. Dan kalau kalian berhasil membunuh sebagian besar musuh, langsung push aj mereka, jadi jangan main lamak, karena kalian bakal menyesal kalau carry lawan akhirnya jadi.
FRIENDS
STUNNER/DISABLER
Seperti biasa, hero DPS membutuhkan ‘waktu’ untuk menyerang, durasi stun/disable mereka akan menolong.
SPAMMERS
Spammer adalah hero-hero yang memiliki spell yang cooldownnya sangat singkat, dan untuk mendapatkan hasil yang efektif mereka harus ngespam spellnya itu (menggunakannya setiap cooldownnya selesai), dan mereka membutuhkan sangat banyak mana untuk itu. Jadi Essense Aura akan sangat menolong mereka. Spammers adalah pemicu Essense Aura yang terbaik.
SPELL CASTER / NUKERS
Essense Aura juga membantu mereka, terutama di early game.
RESISTANCE REDUCER
Mereka bisa mengurangi spell resistance targetnya, membuat semua magical damage akan semakin sakit, termasuk damage ultimu.
SLOWER
Orbwalker juga membutuhkan slower, karena akan mempermudah pengejaran.
WARDER
Kemampuan warding mereka akan sangat kamu butuhkan di sepanjang mid game.
MANA PROVIDER
Mereka akan membantumu menghasilkan Pure damage lebih banyak, terutama kalau sisa Mana mu tinggal sedikit. Selain mereka, hero yang membawa arcane ring, dan Vlad juga.
Slark
Kombo ini sangat mematikan untuk musuh INT. Dia mencuri INT musuh, mempersakit damage Ultimu.
COUNTERS
HIGH INT
Damage ulti yang akan kamu hasilkan ke mereka sama sekali tidak terasa, wew ‘
NERUBIAN ASSASSINS
MANA BURN has reworked! Sedikit shock juga, ada apa yah sampai icefrog mengubah efek mana burn menjadi berdasarkan INT targetnya? Untuk hero lain mungkin pengaruhnya tidak begitu banyak, tapi untuk Harbinger mana burn sekarang menjadi salah satu skill paling mematikan. Tidak usah menghawatirkan jumlah mana yang di burn nya, tapi khawatirkanlah DAMAGE yang dihasilkannya dari itu, karena bisa mematikan untukmu. parahnya lagi, mana burn juga mengurangi pure damage arcane orb mu!!
SILENCERS
Silence adalah kelemahan paling fatal untukmu, karena kamu tidak bisa melakukan apapun kalau terkena silence. Sumber damagemu adalah dari skill, tidak seperti carry lain yang tidak masalah meski terkena silence. Selain hero-hero ini, hero yang membawa orchid juga harus kamu waspadai.
VENGEFUL SPIRIT
Pada saat kamu sedang asik berlindung di belakang tanker, detik berikutnya kamu sudah digebuk oleh 4 hero musuh.Yap Hero ini sudah pasti akan ngeswap kamu, si Carry yang berbahaya tapi sangat mudah dibunuh, ukuran badanmu juga cukup besar dan mudah diklik. Range skillnya ini bisa mencapai 1200 range (level 3) so stay Back!!, astral improsimentmu tidak akan membantu, karena cast rangenya hanya 550. Nether swap hero ini memang disimpan untuk menjinakkan hero-hero carry sepertimu.
PUGNA
Pertumbuhan INT hero ini TERTINGGI di DotA (4.0) dia bisa dengan sangat mudah melebihi INT yang kamu kumpulkan dengan susah payah. Akhirnya Eclipsepun Tidak mempan untuknya, dan 150 damage dari nether ward akan menyerangmu setiap kali kamu menyerangnya dengan Arcane orb. Counter terbaik untuk spammer dan orbwalker, termasuk Harbinger.
CLOSING
Seperti yang kita semua tahu, penyumbang damage terbesar di late adalah hero-hero DPS-physical dengan AS dan damage yang baik, tapi harbinger telah menunjukkan bahwa INT juga bisa menjadi penyumbang damage terbesar di late game. Bukan Attack damagemu, bukan Attack speed, bukan critical, bukan lifesteal, tapi INTELLIGENCE lah membuatmu berperan sebagai CARRY.
Kalau STR punya N’aix - INT juga punya Harbinger. ^^
*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.
Terima Kasih :)
0 Bacot'ers:
Posting Komentar